Site icon Beritaenam.com

Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak Lemot

Ilustrasi.

beritaenam.com – Sebagai layanan pesan populer, khususnya di Indonesia, sangat mungkin WhatsApp menjadi aplikasi yang paling sering dilirik pengguna smartphone setiap harinya.

Nah, yang terkadang jadi perkara adalah bahwa spesifikasi ponsel pun beda-beda, secara khusus dalam hal memori atau kapasitas penyimpanannya. Riwayat chat dan file WhatsApp yang sudah menumpuk bisa saja bikin HP jadi lemot.

Untuk mengecek berapa penyimpanan WhatsApp memakan kapasitas di ponselmu, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

Ketuk titik tiga di WhatsApp lalu secara bertahap pilih > settings/setelan > data and storage usage/penggunaan data dan penyimpanan > storage usage/penggunaan penyimpanan.

Di bagian ini storage usage/penggunaan penyimpanan itu kamu akan melihat riwayat chat kamu dibagi berdasarkan seberapa besar penyimpanan WhatsApp. Jika sering berbagi video atau foto, khususnya di grup, jangan kaget jika ternyata ukurannya cukup besar.

Setelah mengetahui besaran penyimpanan WhatsApp masing-masing chat secara umum, setelah ini kamu juga bisa melihat satu per satu riwayat chat tersebut. Khususnya jika kamu mau menghapus file-file chat itu sekaligus banyak.

Untuk itu, masuk saja ke salah satu chat. Di sini akan muncul rincian antara lain jumlah text messages/pesan teks antara kamu dengan teman chatmu/grup itu, juga seberapa banyak kalian berbagi stiker WhatsApp, file foto, GIF, video dan lain-lain.

Di bagian paling bawah kamu akan menemukan tulisan manage messages/kelola pesan. Mengetuk tulisan tersebut akan memunculkan opsi untuk menghapus file chat sekaligus banyak berdasarkan kategorinya.

Dilansir dari detiinet, dengan cara ini maka kamu, misalnya, bisa sekaligus menghapus seluruh file chat WhatsApp berupa GIF dan stiker WhatsApp di salah satu chat/grup, tetapi tetap menyimpan percakapan itu dan foto-fotonya.

Exit mobile version