Site icon Beritaenam.com

Bertemu Ibu Penjual Kopi, Begini Kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi di Magetan Jawa Timur.

beritaenam.com, Magetan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan ibu-ibu pegiat usaha program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jokowi bertemu dengan ibu penjual kopi yang dia sebut sebagai pesaing usaha anaknya.

Pertemuan tersebut berlangsung saat Jokowi meninjau usaha program Mekaar yang dinaungi oleh PT Pemodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Cepoko, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019).

Jokowi awalnya memanggil beberapa ibu-ibu Mekaar untuk dialog, salah satunya yang maju ke panggung yakni Sidjiatmi. Ibu tersebut mendapat mpdal dari PT PNM Rp 4 juta untuk usaha warung kopi yang dia jalani.

“Wah, saingan sama anak saya ini. Anak saya juga jual kopi, jadi saya tahu lah,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian menanyakan harga kopi yang dia jual. “Rp 3 ribu per gelas,” kata Sudjiatmi.

“Wah, kalah anak saya. Anak saya jual Rp 16 ribu per gelas,” timpal Jokowi.

Mendengar itu, Sudjiatmi memberikan argumen.

“Itu beda Pak, itu di kota, di kafe. Saya jualan di gerobak, di pinggir jalan, angkringan begitu,” katanya.

Sudjiatmi mengaku setiap hari mulai berjualan dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Dia juga dibantu oleh suaminya.

“Kalau saya sampai jam 9 malam, nanti disambung suami saya sampai pagi,” kata Sudjiatmi.

Jokowi pun memuji usaha yang dilakukan suami istri itu. “Yang begini bagus,” katanya.

Dalam perbincangan itu, Sudjiatmi berharap mendapatkan tambahan modal dari PT PNM. Dia ingin mengembangkan usaha dengan beternak ayam kampung.

Jokowi pun berpesan, jika nanti mendapat tambahan dari PT PNM, haruslah digunakan sepenuhnya untuk berusaha. Jokowi juga berpesan dalam menjalani usaha harus berpegang teguh padan prinsip jujur, disiplin dan kerja keras.

“Jadi saya titip harus jujur, disiplin dan kerja keras. Tiga hal ini harus dihayati betul oleh ibu-ibu. Jangan sampai kita malas. Kalau malas, nggak akan maju kita, percayalah. Kalau mau maju harus bekerja keras,” kata Jokowi, seperti dikutip dari detik.com

Untuk diketahui, putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Nasution memilih usaha berjualan kopi. Usaha yang diberi nama ‘Kopi Rakyat’ itu juga berkolaborasi dengan putra Jokowi lainnya yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Exit mobile version