Site icon Beritaenam.com

Biden: Serangan Udara AS di Suriah Peringatan Untuk Teheran

ROMULUS, MICHIGAN - SEPTEMBER 09: Democratic presidential nominee Joe Biden talks with journalists before departing the Detroit Metro area September 09, 2020 in Romulus, Michigan. Biden was campaigning in Michigan, which President Donald Trump won in 2016 by less than 11,000 votes, the narrowest margin of victory in state's presidential election history. (Photo by Chip Somodevilla/Getty Images)

Presiden AS Joe Biden mengatakan serangan udara terhadap milisi yang didukung Iran di Suriah timur harus dilihat oleh Teheran sebagai peringatan terhadap tindakan agresif lebih lanjut.

“ Anda tidak dapat bertindak dengan impunitas,” katanya kepada wartawan pada 26 Februari ketika ditanya pesan apa dari serangan udara yang diumumkan sehari sebelumnya.

“Hati-hati,” tambahnya saat singgah di Houston sebagai bagian dari tur untuk memeriksa upaya bantuan di negara bagian Texas yang dilanda badai.

Departemen Pertahanan AS pada 25 Februari mengumumkan serangan udara dalam menanggapi serangan roket awal bulan ini di pangkalan Irak yang menampung AS dan pasukan koalisi, mengatakan mereka mengirim ‘pesan yang tidak ambigu [that] Presiden Biden akan bertindak untuk melindungi personel Amerika dan koalisi. ‘

Pentagon mengatakan dua pesawat tempur F-15E menjatuhkan tujuh amunisi berpemandu presisi di situs-situs di Suriah timur yang digunakan oleh milisi yang diyakini berada di balik serangan roket terhadap AS dan pasukan lainnya.

Pentagon mengatakan serangan itu, aksi militer pertama yang dilakukan oleh pemerintahan Biden sejak ia dilantik bulan lalu, menghantam “banyak fasilitas” di sebuah titik kontrol di perbatasan Suriah-Irak yang digunakan oleh beberapa milisi yang didukung Iran, termasuk kelompok Syiah Irak. Kelompok ite Kaitib Hizballah dan Kaitib Sayyid al-Shuhada.

“Lokasi ini diketahui memfasilitasi aktivitas kelompok milisi yang berpihak pada Iran,” kata juru bicara John Kirby, menggambarkan situs itu sebagai “kompleks” yang sebelumnya digunakan oleh kelompok teror Negara Islam (ISIS) ketika menguasai daerah itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang, mengatakan 17 anggota Unit Mobilisasi Populer (PMU) tewas setelah serangan itu menghantam tiga truk yang memuat amunisi yang datang dari Irak.

PMU adalah kekuatan paramiliter payung yang terdiri dari sejumlah kelompok milisi Irak yang sebagian besar adalah Syiah.

Teheran mengutuk serangan itu, dengan mengatakan itu akan semakin mengguncang kawasan itu. Kementerian Luar Negeri menyebut tindakan tersebut sebagai ‘serangan ilegal’ dalam ‘pelanggaran jelas terhadap hak asasi manusia dan hukum internasional.’

Damaskus menamakannya ‘agresi Amerika yang pengecut.’

‘Ini adalah pertanda buruk mengenai kebijakan pemerintahan AS yang baru yang harus mematuhi internasional [norms], ‘kata Kementerian Luar Negeri Suriah.

Rusia, sekutu utama Suriah, juga mengutuk serangan itu, dengan mengatakan pasukannya yang ditempatkan di Suriah diberi sedikit peringatan lanjutan.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan tindakan itu mempertanyakan rencana pemerintah AS di Suriah.

“Sangat penting bagi kami untuk memahami garis strategis Amerika Serikat di lapangan,” kata Lavrov.

Juru bicara Pentagon John Kirby menanggapi kritik Lavrov bahwa Moskow telah diberitahu hanya beberapa menit sebelum serangan AS.

“Kami melakukan apa yang kami yakini sebagai jumlah pemberitahuan yang tepat untuk ini,” katanya. “Seharusnya tidak mengejutkan siapa pun bahwa kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan untuk memberi tahu, tetapi kami juga akan melakukan apa yang harus kami lakukan untuk melindungi pasukan kami.”

Bersama dengan Rusia, Iran telah memberikan dukungan militer penting kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad selama perang saudara Suriah, yang dimulai dengan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa anti-pemerintah pada Maret 2011. Lebih dari 400.000 orang telah tewas dan jutaan orang mengungsi.

Militer AS juga aktif di Suriah untuk mendukung koalisi Suriah, Arab dan Kurdi, lawan Assad.

Serangan itu terjadi setelah tiga serangan roket baru-baru ini. Serangan roket pada 15 Februari di pangkalan militer di Bandara Internasional Irbil di ibu kota di wilayah semi-otonom Kurdistan menewaskan seorang kontraktor sipil dan melukai seorang anggota dinas AS dan pasukan koalisi lainnya.

Serangan roket lain di pangkalan yang menampung pasukan AS di utara Baghdad beberapa hari kemudian melukai setidaknya satu kontraktor. Serangan roket lain menargetkan Kedutaan Besar AS di Baghdad awal pekan ini.

Sebuah kelompok militan Syiah yang tidak banyak dikenal yang menamakan dirinya Penjaga Brigade Darah mengaku bertanggung jawab atas serangan di Irbil. Beberapa ahli mengatakan Kaitib Hizballah telah menggunakan sel-sel militan yang terpisah sebagai kedok untuk membebaskan diri dari tanggung jawab atas serangan terhadap pasukan AS.

Exit mobile version