Site icon Beritaenam.com

Cara Mengatasi Turbulensi Bisnis

Beritaenam.com — Di masa Pandemi, pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah mitigatif dan penanganan seoptimal mungkin agar virus ini tidak semakin menyebar dan membawa korban jiwa.

Beragam pilihan kebijakan ditempuh untuk menghadang laju penyebaran, mulai dari penerapan physical distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pemberlakuan PSBB secara langsung ataupun tidak, telah berdampak pada sektor industri yang harus mengurangi biaya produksi dengan menutup pabrik, merumahkan karyawan, hingga melakukan PHK, sebagai upaya rasional dalam merespons penurunan jumlah permintaan dan pendapatan.

Hal ini membawa efek domino seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan penurunan kualitas hidup masyarakat.

New normal adalah adaptasi kebiasaan baru dengan pola hidup yang akan menuntun pada terciptanya kehidupan dan perilaku baru masyarakat hingga vaksin COVID-19 ditemukan.

Kita harus bisa menyesuaikan pola hidup. Sesuatu bentuk new normal atau harus beradaptasi ketika beraktivitas dan bekerja.

Selain itu, masyarakat juga dituntut untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain maupun menghindari kerumunan di saat bekerja, serta mematuhi protokol yang ada, seperti protokol kesehatan.

Kita harus terus berdoa, sekaligus mengucap syukur. Ayo terus berpikir positif.

Dengan pikiran yang positif, kita dapat menjalani segala sesuatu tanpa terbebani oleh seribu pikiran buruk. Anda juga terhindar dari perasaan takut gagal.

So, bagi Anda yang merasa belum berpikiran positif di saat ini, yuk kita mulai dari sekarang untuk belajarlah untuk berpikir positif.

– Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir positif

Asal anda tahu saja, sikap dan pikiran positif itu dapat menular. Jika Anda berada di lingkungan orang-orang yang berpikiran negatif, kita bisa terpengaruh berpikir negatif.

Tetapi, jika kita selalu berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang berpikir positif, maka kita juga akan lebih menghargai diri sendiri dan memandang hidup ini secara lebih terbuka.

Karena itu, tinggalkan teman-teman Anda yang negative thinking dan beralihlah kepada orang-orang yang memandang hidup ini secara positif.

– Percayailah pujian yang ditujukan pada Anda

Jangan menganggap bahwa pujian yang diberikan pada Anda hanyalah basa-basi. Cobalah untuk mempercayai setiap pujian tentang Anda.

Karena mempercayai pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Anda pun jadi lebih yakin dengan kemampuan dan kelebihan kita. Sehingga, kita tidak ragu berkarya. Tapi ingat, asal pujian itu enggak bikin kita menjadi “besar kepala”.

– Katakan, “Saya pasti bisa!”

Setiap ingin melakukan apapun, yakinkan bahwa kita bisa. Percayalah, sugesti dari dalam diri sendiri dapat membantu kita mempercepat mencapai proses yang kita harapkan.

– Nikmati humor
Pakar jiwa mengatakan, bahwa humor bisa membantu kita memandang hidup ini secara positif.

Saat Anda tertawa karena menikmati humor, sesungguhnya kita sedang terhindari dari pikiran negatif tentang hidup ini.

Anda yang masih tertawa atau minimal tersenyum saat menikmati humor, juga akan terhindar dari stres dan depresi akibat beban hidup yang berat.

Yakinlah, jika kita selalu berpikir positif, maka kita enggak akan kesulitan bergaul, bekerja sekaligus berprestasi. Pikiran yang positif pun membuat hidup anda lebih nyaman dan bahagia.

Selalu menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah.  Memahami etika batuk. Tidak ke luar rumah jika tak memiliki kepentingan mendesak.

Rajin mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.

Tidak bertukar barang dengan orang lain di tempat kerja, misalnya membawa piring, gelas, dan sendok sendiri. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.  Salam hebat!

 

Exit mobile version