Site icon Beritaenam.com

Dampak Corona, Pekerja Event.

Beritaenam.com — Pekerja Freelance & Pekerja Seni.

(Banyak yang tidak mengetahui pekerjaan kami)

*Sejak mulai timbulnya wabah Covid19 di awal tahun, kami mulai was-was.

Karena, kami tahu bidang pekerjaan kami masuk dalam kategori kebutuhan manusia paling akhir, yaitu hiburan.

Jika ada sedikit pergolakan, bidang kami yang pertama dicoret.

Pada awal Maret, satu persatu event/acara dibatalkan. Berawal dari kesadaran client kami, untuk menghindari kerumunan orang. Hingga pembatalan ijin oleh pihak pemerintah.

Sebagian besar dari kami adalah pekerja freelance. Dimana penghasilan kami, berasal dari acara acara yang bersifat insidentil.

Pada saat pemerintah memberhentikan pemberian ijin keramaian, di situ pekerjaan kami berhenti, penghasilan kami: Stop.

Bahkan, beberapa pekerjaan kami yang sudah selesaipun, tidak dibayarkan oleh client kami, karena nasib mereka pun sama dengan kami, tidak ada pemasukan.

Di sisi lain, biaya yang harus kami keluarkan tidak berhenti, baik dari biaya hidup, cicilan kendaraan hingga uang sekolah anak.

Sub bidang pekerjaan kami :
Creative director, show director, sutradara, stage designer, lighting designer, costume designer, coregrapher, visual designer, script writer.

Stage manager , Stagecrew, Sound engineer,  Lighting crew, Soundcrew, Stage crew, Camera crew, Video crew, Rigging crew, Runners, Production crew, Talent crew, hingga Artis beserta Manajemen artis, pemain musik, penari. Pekerja panggung, dekorasi.

Crew ticketing, hingga petugas keamanan acara. Juga Jurnalis/Wartawan Hiburan dan gaya hidup

Dari sisi rental : panggung, dekorasi, soundsystem, lighting, led & screen, rigging, tenda & kursi, special FX, kembang api, hingga gedung tempat acara.

Pemerintah juga perlu melakukan langkah “penyelamatan”. Jangan juga, saat aktivitas terganggu, kami direpotkan lagi dengan denda pajak. Ini dan itu.

Situasi ini “memukul” industri kami. Sekarang bagaimana pemerintah proteksi, jaminan. Pandemi virus corona di Indonesia masih berlangsung. Dan, kehidupan terus berjalan. Hanya doa kekuatan hidup kami.

Kita saling doa dan saling support – setelah wabah ini kita bergandengan erat membangun kembali kesejahteraan kita para pekerja seni..…stay strong and believe in GOD…….

Salam hormat. Pekerja event.

Pada saat pemerintah memberhentikan pemberian ijin keramaian, di situ pekerjaan kami berhenti, penghasilan kami: Stop.

***

Penata Cahaya Indonesia ( PECAHIN ) BACKSTAGERS INDONESIA
IVENDO
#staysafe
#staystrong
#stayhome #socialdistancing #jagajarak
#tetapdirumah
#covid19 #cepatberlalu
#backstager #pecahin #ivendo #freelanceunited

#jurnalishiburan

 

Exit mobile version