Site icon Beritaenam.com

Dengan Pemakaman Ditutup, Begini Cara Orang Filipina Menghormati Orang Mati

[ad_1]

Kali ini tahun lalu, Honey Reñola, 43, sibuk menerima telepon dari keluarga yang mempekerjakannya sebagai perawat di pemakaman Manila. Mereka menyampaikan instruksi untuk mempersiapkan dan merapikan kuburan dan makam kerabat mereka yang telah meninggal. Dalam hitungan hari, keluarga-keluarga ini, dan banyak keluarga lainnya seperti mereka, akan turun secara massal sebagai bagian dari salah satu Filipina‘liburan tahunan terbesar, dan mungkin salah satu perayaan paling unik dari orang mati di mana pun di dunia.

Sebagai bagian dari tradisi Kristen, orang Filipina menghormati orang mati All Saints ‘Day, yang jatuh pada 1 November setiap tahun. Namun pada tahun 2020, ponsel Reñola sebagian besar tidak bersuara. Jutaan orang Filipina telah dilarang oleh pemerintah dari melakukan perjalanan tahunan mereka ke pemakaman untuk mengadakan piknik dan menginap dengan kerabat mereka yang telah meninggal. Itu sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. Filipina telah berjuang melawan pandemi dan memiliki salah satu wabah terbesar di Asia Tenggara lebih dari 370.000 infeksi hingga saat ini.

“Ini adalah salah satu dari sedikit hal yang kami tunggu dan kemudian dibatalkan,” kata Reñola dengan senyum setengah hati saat dia menatap ke dalam kantong keripiknya.

Dia bekerja di Pemakaman Manila North, atau lebih dikenal sebagai ‘Norte.’ Dibuka pada tahun 1904, Norte adalah salah satu publik tertua dan terbesar kuburan di negara. Kuburan seluas 54 hektar ini adalah tempat peristirahatan terakhir bagi yang sangat kaya – termasuk beberapa mantan presiden yang dimakamkan di mausoleum beton yang megah – hingga yang termiskin dari yang miskin, yang mengakhiri hari-hari mereka disegel di ‘kuburan apartemen’ sementara yang ditumpuk beberapa lantai. . Ini juga menjadi terkenal selama bertahun-tahun karena ribuan pengasuh seperti Reñola, dan keluarga mereka, yang hidup sepanjang tahun di antara orang mati.

Seperti pengasuh lainnya di Norte, Reñola berpenghasilan sekitar $ 10 sebulan dari setiap keluarga, untuk membersihkan batu nisan dan kripta secara rutin. Pada acara-acara khusus seperti ‘Undas,’ nama lokal untuk perayaan Hari Semua Orang Kudus dan Hari Semua Jiwa, yang diadakan pada tanggal 2 November, dia mendapatkan penghasilan tambahan dengan memberikan perhatian ekstra pada kuburan dengan cat baru, ukiran yang diperbaiki, dan menggosok lantai keramik dengan baik.

Setelah perbaikan datang kerumunan umat beriman, mengalir ke kuburan untuk mengunjungi kerabat mereka yang telah meninggal. Mereka menyalakan lilin untuk mengusir roh jahat dan berdoa. Tetapi kebanyakan, mereka berkumpul dan melakukan hal-hal yang disukai orang mati – bermain kartu, makan makanan favorit, minum minuman anggur favorit, bermain musik, menonton film, dan bahkan berkemah semalaman. Anak-anak bermain dan membuat bola-bola kecil dari lilin yang meleleh, sementara yang dewasa mengenang, berbagi makanan, dan tidur siang.

Tapi tahun ini orang mati, dan orang-orang yang merawat mereka, tidak akan dikunjungi.

“Itulah mengapa kami sedih karena pandemi ini telah datang,” kata Reñola.

“Kami biasanya senang di sini pada All Souls Day dan All Saints Day. Ada begitu banyak orang di dalam mengunjungi kuburan pada hari-hari itu. Ini satu-satunya hari libur yang kami tunggu. ”

Beberapa blok jauhnya di sudut lain Norte, Reynaldo Cortez, 57, menghabiskan sore hari kerja yang suram dan hujan dengan menyapu sekitar beberapa kuburan beton besar. Seorang penjaga generasi kedua yang telah bekerja di dalam Norte selama 30 tahun, Cortez mengelola lebih dari 90 kuburan, termasuk kuburan para veteran dari Perang Filipina-Amerika di akhir tahun 1800-an, dan tokoh-tokoh terkenal Filipina lainnya. Cortez ingat Undas tahun lalu yang dipenuhi dengan keluarga yang duduk-duduk di atas dan di sekitar kuburan yang padat.

“Hampir setiap batu nisan dan kuburan memiliki orang-orang yang berkumpul,” kata Cortez. “Ini kerugian yang sangat besar. Saya hanya menghasilkan 50 persen dari apa yang biasa saya buat. Tidak ada keluarga yang meminta saya membuat batu nisan baru atau bahkan bangku untuk mereka duduki. Biasanya merupakan tradisi tahunan untuk memperbaiki barang-barang untuk liburan. ”

Di seberang kota di Manila Memorial Park, kuburan yang lebih makmur dan pribadi di mana pengasuh dan penjual tidak diizinkan untuk tinggal di dalam, kerumunan akhir Oktober dan awal November yang biasa berkumpul di kuburan yang lebih terpencil juga akan absen tahun ini. Untuk penjual bunga seperti Brigido Inot, 67, yang memiliki sebuah restoran kecil di pinggir jalan dan telah menjual bunga kepada pengunjung kuburan selama lebih dari 20 tahun, ini adalah pemandangan yang langka untuk dilihat. Inot mengatakan dia menjual 50 rangkaian bunga pada siang hari setiap hari pada tahun lalu. Sekarang, jumlahnya turun menjadi tiga.

“Kami terkejut ketika mereka memberi tahu kami bahwa Manila Memorial akan ditutup,” kata Inot. “Kami telah menjelaskan kepada pelanggan bahwa kami harus menaikkan harga bunga kami sehingga kami dapat pulih dari kerugian. Supaya kita bisa mendapatkan sesuatu untuk kita makan. Dalam krisis ini tidak ada uang, tidak ada pendapatan, dan ekonomi kami benar-benar anjlok. “

Filipina adalah rumah bagi populasi Katolik terbesar ketiga di dunia dengan sekitar 80 persen dari 100 juta lebih penduduknya merupakan bagian dari kepercayaan. Tapi ritual kematian dan penguburan tidak terbatas pada agama. Ada serangkaian tradisi yang memusingkan yang berasal dari sejarah pra-kolonial nusantara, banyak di antaranya masih dipraktikkan hingga saat ini bersama tradisi Katolik.

“Kami memiliki praktik kuno dalam menghormati leluhur,” kata Hermel Pama, seorang pendeta dan profesor filsafat dan antropologi dalam agama Kristen di Universitas Santo Tomas dan Universitas Filipina.

“Ketika kami menerima agama Kristen (dari Spanyol pada awal abad ke-16) dan ketika kami menerima iman Katolik, kami (Filipina) sudah memiliki praktik budaya untuk menghormati leluhur. Dengan kata lain, pergi ke kuburan hanyalah ritual eksternal. Faktanya, sebagian besar, ada ritual berbasis rumah atau berbasis keluarga. Jadi jika orang dilarang pergi ke kuburan, itu mungkin bukan masalah besar. ”

Di provinsi asalnya di Albay, di bagian selatan pulau Luzon, Pama dan keluarganya mempraktikkan ritual yang berpusat di sekitar rumah yang disebut ‘sagugurang,’ yang berarti orang tua atau leluhur. Sagugurang meminta anak tertua di komunitas untuk mengundang arwah orang mati di dalam rumah mereka untuk makan bersama orang hidup. Pama ingat nenek buyutnya memintanya untuk berdiri dan menunggu selama lima menit untuk membiarkan arwah memasuki rumah mereka, sebelum mereka bisa mulai berpesta.

Kisah Pama didukung oleh ritual penguburan dan kematian berbasis rumah yang serupa dan tak terhitung jumlahnya di seluruh negeri. Di Filipina utara, penduduk asli provinsi Benguet menutup mata mereka yang meninggal dan menempatkan mereka di kursi di samping pintu masuk utama rumah selama delapan hari setelah kematian. Orang-orang Apayao dari Pegunungan Cordillera, juga di utara Luzon, menguburkan kerabat mereka yang meninggal di bawah dapur di dalam rumah mereka.

Seperti yang dipraktikkan saat ini, Undas dianggap sebagai tradisi Katolik yang penting, seperti Natal dan Paskah. Namun, aspek sosial yang dirayakan orang Filipina dengan jelas mencerminkan tradisi pra-kolonial. Pama menggambarkan hubungan dekat orang Filipina dengan nenek moyang mereka sebagai jenis persatuan yang memberi mereka akses ke orang mati, seolah-olah kerabat mereka yang sudah meninggal tidak benar-benar pergi.

“Ada konstruksi budaya mitos seputar menghormati orang mati,” katanya. “Ini benar-benar bukan kematian atau ketiadaan dan sebaliknya gagasan tentang keintiman.”

Rochelle Romero, seorang humas dan pemilik bisnis dari Manila, sangat ingin menghabiskan waktu di pemakaman tahun ini. Ini akan menjadi tahun keduanya mengunjungi ayahnya, yang meninggal sebelum liburan Undas tahun lalu. Ayahnya, mantan veteran Militer Filipina, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Metro Manila. Tahun lalu, dengan kematian ayahnya baru-baru ini yang segar di pikiran dan emosinya, Romero dan keluarganya mendirikan tenda di samping kuburan yang baru dibangun, membawakan prasmanan makanan yang berbeda, dan menghabiskan sepanjang hari di pemakaman.

“Sejak saya masih kecil itu semacam perayaan bagi kami,” kata Romero.

“Merupakan tradisi bagi keluarga kami bahwa daripada menghabiskannya di rumah untuk berdoa, kami lebih memilih berada di pemakaman karena kami merasa bahwa kami berada di samping orang yang kami cintai yang telah meninggal.”

“Ini benar-benar pertama kalinya seseorang dari keluarga dekat saya meninggal. Itu sangat emosional bagi kami. Menghabiskannya di sana sepanjang hari di pemakaman seperti memiliki dia di samping kita. Itu semacam momen ikatan bagi keluarga kami. Jadi agak mengecewakan karena kami punya beberapa rencana lagi untuk benar-benar berada di sana. “

Tahun ini, dengan Taman Makam Pahlawan ditutup di Undas, Romero dan keluarganya memutuskan untuk mengunjungi ayahnya seminggu sebelum liburan, lengkap dengan misa jarak sosial yang dikelola oleh seorang pendeta. Mereka kemudian mengadakan pesta di rumah dengan beberapa makanan favorit ayahnya, termasuk babi panggang.

Seperti Romero, banyak orang Filipina sedang belajar beradaptasi. Beberapa telah mengunjungi pemakaman seminggu sebelumnya, beberapa akan menghadiri misa, yang lain akan meminta pengasuh menyalakan lilin di kuburan orang yang mereka cintai atas nama mereka, dan beberapa akan menghabiskan liburan dengan pesta di rumah.

Tidak diragukan lagi, masih akan ada kesedihan di antara pengasuh dan pedagang yang mata pencahariannya terpengaruh, dan keluarga yang tidak bisa bersama orang yang mereka cintai pada hari raya penting.

Tetapi di Filipina, di mana ritus kuno dan Katolik sering berbaur dengan bebas, cara bagi yang masih hidup untuk melewati masa ini adalah dengan menjaga orang yang meninggal di dekatnya dengan sesuatu yang bahkan dapat dipahami oleh nenek moyang mereka.

“Yang terpenting adalah sikap internal,” kata Pama. “Bagaimana kita berhubungan dengan orang yang kita cintai, bagaimana kita menghormati mereka, dan bagaimana kita mengingat mereka dari sikap batin kita sendiri.”

[ad_2]

Exit mobile version