Site icon Beritaenam.com

Diduga Hina Jokowi, TKN Laporkan Akun Facebook Sudrun Sugiono ke Polisi

TKN melaporkan akun Facebook yang diduga hina Presiden Jokowi.

beritaenam.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin melaporkan pemilik akun Facebook (FB) dengan username Sudrun Sugiono. TKN menilai video yang di-posting oleh akun tersebut menghina Presiden Jokowi.

“Kami dari Direktorat Hukum dan Advokasi ingin melaporkan tentang adanya video viral yang terjadi, yang diduga dilakukan oleh salah satu simpatisan atau tim sukses dari pendukung (paslon) 02. Karena di situ (video) memakai atribut 02 dan menggunakan simbol tangan untuk 02,” ujar Direktur Advokasi dan Hukum TKN Ade Irfan Pulungan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

Dalam video berdurasi 21 detik, terekam pigura yang memampang foto Jokowi di dinding yang perlahan ditarik ke bawah seperti menurunkan bendera dari tiang. Latar suara video tersebut lagu nasional Indonesia Raya.

“Patut diduga dengan sengaja melakukan perbuatan menurunkan foto Presiden Joko Widodo dengan lagu Indonesia Raya, di mana merupakan lagu kebangsaan Indonesia. Dan di akhir ada senyum yang seolah-olah menunjukkan kepada publik tentang sebuah gambaran Jokowi akan turun,” sambung dia.

Irfan menuturkan Jokowi masih berstatus presiden dan merupakan simbol negara yang tak pantas dipermainkan seperti itu.

“Diduga telah melakukan pelecehan atau penghinaan terhadap kepala negara, yakni Presiden Republik Indonesia yang sah.”

Irfan mendesak polisi segera mengungkap kasus ini. “Kami minta ke kepolisian untuk bisa segera menindaklanjuti atas laporan yang kami lakukan, supaya masalah ini benar-benar bisa disikapi.”

Laporan Irfan teregistrasi dengan nomor LP/B/0389/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 16 April 2019. Dalam laporan, tertera pasal yang dilaporkan adalah Pasal 207 UU Nomor 1/1946 tentang KUHP.

Exit mobile version