Site icon Beritaenam.com

Dirjen Hubdat Anugerahi Insan Peduli Keselamatan untuk Tingkatkan Keselamatan Jalan

Beritaenan.com | Dalam upaya meningkatkan keselamatan jalan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar acara Penganugerahan Insan Peduli Keselamatan Jalan. Acara ini merupakan bentuk komitmen bersama antara pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol Risyapudin Nursin, saat memberikan sambutan dalam penutupan Pemilihan Pelajar Pelopor Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (12/9). Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya peran aktif semua pihak dalam menjaga keselamatan berlalu lintas.

“Kejadian kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih sangat memprihatinkan, dengan lebih dari 155.000 kecelakaan setiap tahun yang menyebabkan 27.895 korban jiwa. Oleh karena itu, kita harus terus menggelorakan pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mengajak semua pihak untuk menerapkannya setiap saat,” ujar Risyapudin.

Pelajar Pelopor Sebagai Duta Keselamatan Jalan

Dirjen Risyapudin berharap, melalui program edukasi seperti Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan, para pelajar bisa menjadi agen perubahan yang mampu menekan angka kecelakaan di Indonesia. “Duta-duta keselamatan jalan harus muncul dari para peserta, dan kita perlu memberikan dukungan penuh agar mereka terus semangat dalam mengedukasi masyarakat,” tambahnya.

Acara pemilihan pelajar pelopor ini berlangsung dari 9 hingga 11 September 2024 dengan 48 peserta dari 24 provinsi. Mereka diberikan pembekalan tentang keselamatan lalu lintas melalui berbagai materi edukasi.

Penghargaan untuk Para Pelopor Keselamatan Jalan

Penghargaan diberikan kepada para pelajar pelopor dengan penilaian yang dilakukan oleh juri-juri dari kalangan praktisi keselamatan jalan, di antaranya: Budi Hartanto Susilo dari Prodi Teknik Sipil Universitas Kristen Maranatha, Elly Andriani Sinaga (President IRSP), Rio Octaviano dari Road Safety Association, dan Gede Pasek Suardika.

Berikut adalah para pemenang dari berbagai kategori:

Pembina Terbaik Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nasional Tahun 2024:

Kategori Teknologi:

Kategori Sosial Budaya:

Pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor 2024:

Dirjen Risyapudin menutup sambutannya dengan menegaskan komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus mendukung program-program keselamatan jalan. “Kami akan terus memantau, membina, dan memberikan apresiasi kepada para pelajar pelopor agar mereka tetap semangat dalam memperjuangkan keselamatan di jalan,” pungkasnya.

 

 

Exit mobile version