Site icon Beritaenam.com

Dirut Pertamina Hadiri Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Dukung Pembangunan Nusantara Baru

Oplus_131072

Beritaenam.com — Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, turut hadir dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024. Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, menandai dukungan penuh Pertamina terhadap pembangunan IKN sebagai ibu kota baru yang modern dan ramah lingkungan.

Nicke menegaskan bahwa visi IKN yang mencerminkan “Nusantara Baru Indonesia Maju” sejalan dengan visi Pertamina untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. “Pertamina terus melakukan inovasi di bidang energi baru terbarukan sebagai bagian dari strategi bisnis masa depan. Fokus kami adalah pada energi hijau yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan energi sekaligus mendukung target Net Zero Emission 2060 pemerintah Indonesia,” jelasnya.

Pertamina juga berperan aktif dalam memastikan kesuksesan peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN, yang dianggap sebagai babak baru dalam sejarah Indonesia. Sebagai BUMN energi, Pertamina memastikan pasokan energi di IKN tersedia secara memadai.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan Pertamina. Mulai dari penyediaan dan distribusi BBM dan LPG, penyaluran gas untuk api abadi, hingga fasilitas kesehatan untuk tamu negara yang hadir di upacara tersebut. “Subholding Commercial & Trading Pertamina telah membentuk Satuan Tugas selama satu bulan, dari 1 hingga 31 Agustus 2024, untuk menjamin ketersediaan BBM dan LPG di IKN,” tambah Fadjar.

Pertamina juga telah memasang instalasi gas bumi ke Monumen Taman Kusuma Bangsa di IKN, yang akan menjaga api abadi menyala 24 jam sehari. Penggunaan gas bumi ini mendukung langkah Pertamina dalam menjadikan gas sebagai energi transisi yang lebih bersih.

Untuk memastikan pasokan energi yang stabil, Subholding Gas Pertamina mengkombinasikan infrastruktur pipeline dan beyond pipeline yang telah dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) serta mengoptimalkan penggunaan Compressed Natural Gas (CNG) melalui Gaslink Cylinder. Hingga saat ini, progres Shelter Gaslink Cylinder telah mencapai 77% dari total 34 unit yang direncanakan.

Di lokasi strategis seperti Rumah Jabatan Menteri, Istana Negara, dan kantor Sekretariat Presiden, Gaslink Cylinder sudah terpasang untuk memastikan pasokan gas bumi berjalan lancar.

Selain itu, anak usaha Pertamina, Bina Medika, yang tergabung dalam Holding Rumah Sakit BUMN (IHC), juga menyiagakan tim medis terbaiknya melalui Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Mereka siap mendukung pelaksanaan HUT ke-79 RI di IKN dengan menyiapkan satu unit ambulance dan tim medis lengkap yang bersiaga dari tanggal 14 hingga 18 Agustus 2024.

Pertamina, sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, terus mendorong program-program yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi perusahaan.

Exit mobile version