Site icon Beritaenam.com

Fenomena Lagu Jaran Goyang

Beritaenam.com – Saya mau bicara tentang lagu Jaran Goyang. Terlepas dari liriknya yang kontroversial, lagu yang akhir-akhir ini menjadi fenomenal. Selain liriknya sederhana, dan memang jangan terlalu dimaknai serius-serius amat, lagu ini enak di dengar. Gampang bikin tubuh goyang. Apalagi yang membawakan penyanyi bersuara seksi Nella Kharisma, atau grup yang masih tetap heboh Trio Macan. Ah, jadi pingin goyang!

Jaran Goyang adalah satu fase, dimana lagu panggungan jawa timuran, kembali mewarnai dangdut nasional. Lihat versi-versinya marak dan menjadi heboh dalam berbagai “Cover Version.”

Jaran Goyang adalah sebuah ekapresi candaan. Ditengah himpitan persoalan hidup, ditengah situasi politik jelang Pilkada dan Pilpres, muncul lagu yang bikin banyak orang ngerasa rileks sejenak. Becanda dalam nada. Berjoged dalam irama ringan. Nggak usah lah dimaknai terlalu serius-serius amat.

Jaran Goyang itu ya buat bergoyang semata. Lagu ini kembali mengukuhkan eksistensi Trio Macan, sebagai trio biduan yang selalu mengaktualisasikan dirinya dalam blantika musik dangdut. Jaran Goyang juga telah mengangkat satu lagi fenomena penyanyi panggung Nella Kharisma, sebagai penyanyi nge hits di jagad maya.

Jangan salahkan musiknya, atau penciptanya, kalau akhirnya di utak atik sisi lirik yang katanya agak sedikit berbau syirik. Padahal lagu ini hanya sekedar becandaan.

Ketika saya memutuskan untuk membeli lagu ini, dan mengorbitkan secara nasional, saya nggak lihat liriknya. Waktu itu saya memperoleh info dan mendengar masukan seorang sopir taksi bandara yang membawa saya keliling kota Surabaya.

Dia bercerita kalau anaknya suka banget memutar lagu Jaran Goyang. Katanya lagu itu lagi hits di panggung panggung dangdutan. Dan saya penasaran, tanya sana sini tentang lagu itu. Sebelum akhirnya saya menginstruksikan tim untuk menemui penciptanya.

Alhamdulillah lagu ini mejadi satu dari sekian produk label.musik Proaktif yang cukup fenomenal, menyusul sebelumnya lagu Iwak Peyek, Buka Sitik Joss, Kereta Malam, Oplosan, Pokoke Joged, Edan Turun, dan lain-lain.

Maju terus musik Indonesia.
Yukk goyang mang….

Exit mobile version