Site icon Beritaenam.com

Google atau Facebook Melirik Perusahaan Digital Kawasan Asia

Beritaenam.com —  Di tengah gelombang pengguna internet dunia yang meningkat tajam, saat pandemi Corona, menjadikan Google atau Facebook melirik kawasan Asia yang tengah melonjak ekonominya, dengan memberi kemudahan bagi Asia.

Google Tanam Saham $ 4,5 miliar ke Perusahaan India Reliance Jio Platform.  Perusahaan jejaring sosial itu mengucurkan dana 15,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 90 triliun (kurs rupiah saat berita ini ditulis) ke Jio Platform, operator seluler terbesar di India.

Setelah Facebook terhadap WhatsApp pada 2014 lalu. Kala itu, Facebook membeli WhatsApp senilai 19 miliar dollar AS. Facebook mencaplok 9,99 persen kepemilikan saham di Jio Platform.

Jio Platform merupakan anak usaha Reliance Industries, salah satu perusahaan multinasional India, yang didirikan oleh Mukesh Ambani, orang terkaya di India. Konglomerat India dengan kekayaan US$71,4 miliar.

Jio Platform yang punya 369 juta lebih pelanggan mampu mengembangkan sayap usahanya. Termasuk aplikasi mirip Zoom dan aplikasi musik bernama JioSaavn.

Di samping itu, beberapa perusahaan raksasa dunia juga ikut menanam sahamnya di Jio Platforms.

Jio Platform, salah satu anak perusahaan Reliance Jio itu, bagaikan perusahaan India yang melejit seperti meteor, tulis Business Insider. Empat tahun lalu, perusahaan itu menawarkan akses data 4G ke jutaan pengguna telepon

Gandeng Fintech Lokal Jio Platform bergerak di bidang bisnis telekomunikasi, salah satu anak usahanya adalah Reliance Jio, operator seluler terbesar di India dengan basis pengguna sekitar 380 juta, atau 32,04 persen pangsa pasar.

Selain itu, Jio Platform juga memiliki JioMart, layanan toko bahan makanan online, yang tersebar di beberapa wilayah di India, dengan lebih dari 50.000 produk kebutuhan makanan.

Organisasi seperti Jio memainkan peran besar untuk ratusan juta orang India dan bisnis online kecil. Platform yang terpercaya agar tetap bisa berkomunikasi dengan konsumen, dalam kondisi karantina wilayah (lockdown) yang sedang berlaku di India saat ini.

Jio Platforms memiliki sejumlah layanan digital seperti Jio Infocomm, JioMart, JioSaavn, Haptik, JioFiber, JioSecurity, JioChat, dan masih banyak lagi.

 

Layanan digital yang didirikan oleh miliarder India Mukesh Ambani ini mencakup layanan telekomunikasi, jasa pengiriman belanja online, AI (chatbot), hingga layanan musik dan film Bollywood streaming.

Layanan telekomunikasi Jio Platforms memang memiliki basis pelanggan terbesar di antara providers lainnya di India.

Dua raksasa teknologi dunia, Google dan Facebook, tercatat sebagai investor Jio Platforms. Fortune mencatat, investasi dari Facebook bahkan telah membantu meningkatkan nilai keseluruhan perusahaan.

Dari laman resmi Jio, diketahui Facebook telah menginvestasikan US$5,7 miliar ke Jio Platforms. Itu artinya, Facebook menguasai 9,99 persen kepemilikan saham di perusahaan digital tersebut.

Sementara itu, Rabu (15/7) lalu, Google juga memberi dukungannya ke perusahaan yang digadang-gadang sebagai Alibaba dari India itu. Dengan menyuntikkan dana senilai US$4,5 miliar, Google telah resmi memiliki 7,73 persen saham Jio Platforms.

Exit mobile version