Site icon Beritaenam.com

Gubernur BI: Milenial Sebagai Motor

Beritaenam.com — Perry Warjiyo yang merupakan Bank Indonesia Gubernur (BI) mengatakan, munculnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis digital baru. Merupakan pertumbuhan ekonomi negara di tengah pandemi COVID-19.

“Milenial sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi motor penggerak bagi UMKM baru sekarang dan di masa depan,” kata Warjiyo saat membuka pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia di Jakarta, Jumat.

Warjiyo mencatat bonus demografi Indonesia telah menentukan peran penting kaum milenial dalam perekonomian negara.

Generasi muda yang menyukai penggunaan produk lokal akan menjadi pasar potensial bagi UMKM, sementara di saat yang sama, generasi milenial juga bisa menjadi wirausaha baru, tandasnya.

Pameran Karya Kreatif Indonesia seri ketiga akan digelar secara virtual pada 20-22 November.

Di seri pertama dan kedua, BI melalui pameran tersebut mendorong UMKM untuk melakukan ekspor dan go digital serta mempromosikan Kampanye Bangga Produk Indonesia.

Sebanyak 53 ribu orang mengunjungi dua pameran pertama dan melibatkan 379 UMKM yang terdiri dari 127 UMKM produksi sandang, 75 produsen kerajinan tangan, dan 177 UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

Pameran ini membukukan total transaksi Rp10,5 miliar, transaksi business matching Rp113,2 miliar, komitmen pendanaan Rp4,7 miliar, dan perjanjian bisnis dengan 16 pembeli dari enam negara: Singapura, Italia, Korea, Australia, Jepang, dan Cina.

 

Exit mobile version