Site icon Beritaenam.com

H+3 Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Dipadati Pemudik

Pengendara mobil antre saat akan memasuki Tol Gate Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung. Foto: Antara

Bandar Lampung – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut adanya kemacetan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada arus balik Lebaran 2019. Kemacetan akibat lonjakan kendaraan pemudik di H+3 Lebaran.

“Kami sudah pantau, memang jumlah kendaraan mengalami lonjakan pada H+3 Lebaran ini. Terpantau lonjakan naik secara signifikan,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi seperti dikutip Antara, Sabtu, 8 Juni 2019.

Menurutnya, lonjakan kendaraan biasanya terjadi pada H+4 lebaran. Namun kali ini lonjakan pemudik pada arus balik lebih cepat.

Ira mengingatkan kepada penumpang agar selalu memperhatikan kartu non tunai dan KTP elektronik untuk mengantisipasi kemacetan.

“Kalau mereka menyiapkan keduanya, insyaallah bisa cepat melewati pintu penyeberangan. Itu juga untuk mengantisipasi kemacetan,” ujar Ira.

ASDP Indonesia Ferry mengklaim, pada arus balik ini volume kendaraan roda empat meningkat 12 persen.

Salah seorang pemudik Farhan menyatakan bahwa lonjakan kendaraan saat arus balik ini berdampak pada kemacetan di jalur biasa, jalur tol, dan pintu masuk ke pelabuhan.

“Saya sudah tunggu satu jam. Macetnya ada tiga kilometeran dari jalur biasa. Kalau dari tol, paling satu kilometer saja,” ungkap Farhan, seperti dikutip dari medcom.id

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP M Kasyfi Mahardika saat ditanyakan panjang kemacetan tersebut enggan memberikan jawaban. “Kalau mau nanya itu, saya enggak bisa paparkan. Nanti kalau mau tanya jawab ke Pak Kapolres saja,” tukas Kasyfi.

Exit mobile version