Site icon Beritaenam.com

Hoax Merajalela, Buya Syafii: Harus Dilawan, Orang Waras Jangan Diam!

Buya Syafii Maarif.

beritaenam.com, Yogyakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, angkat suara terkait maraknya berita bohong atau hoax. Menurutnya, berita hoax tersebut harus dilawan bukan diberi ruang.

“(Muncul) Medsos, ada hoax, dan segala macam itu. Oleh sebab itu menurut saya orang-orang yang waras jangan diam,” ujar Buya Syafii kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (9/1/2019).

Dijelaskannya, kini media sosial banyak dikuasai orang-orang yang tak waras. Alhasil timbul kegaduhan di tengah-tengah masyarakat karena termakan berita bohong tersebut.

“Medsos itu dikuasai oleh orang-orang enggak waras. Sebab kalau tidak (dilawan), ini (fenomena hoax) merajalela. Orang-orang yang kalau istilahnya medsos itu sumbu pendek (termakan), itu berbahaya sekali,” tuturnya, seperti dikutip dari detik.com

Pernyataan serupa disampaikan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD. Menurutnya, saat ini terjadi polarisasi yang tajam di masyarakat, salah satu pemicunya adalah berita bohong.

“Celakanya lagi, ini (polarisasi) disemarakkan dengan berita hoax, berita bohong yang dikapitalisasi sedemikian rupa. Tapi juga diorganisir tampaknya,” pungkas Anggota Dewan Pengarah (BPIP) tersebut.

Exit mobile version