Site icon Beritaenam.com

Ilmuwan Sedang Menguji Pil yang Bisa Menghentikan Mendengkur

[ad_1]

Foto: Vladislav Muslakov, Unsplash

Penderitaan malam tanpa tidur karena tak tertahankan keruh? Banyak yang pernah ke sana. Tapi solusi akan segera muncul, setidaknya menurut ilmuwan yang sedang mengembangkan pil yang berpotensi mengurangi dengkuran.

Perusahaan farmasi tahap klinis yang berbasis di Massachusetts, Apnimed telah melakukan uji coba pil bernama AD109 yang bertujuan untuk mengobati Obstructive Sleep Apnea (OSA), yang mengacu pada relaksasi intermiten dan pemblokiran saluran udara selama tidur.

OSA menyebabkan kesulitan bernapas saat tidur, yang menyebabkan mendengkur. Pil, yang dimaksudkan untuk diminum sekali sehari, mengandung dua obat yang ditemukan telah mengurangi mendengkur pada mereka yang menderita OSA.

Pada 2018, tim peneliti terpisah berbasis di Boston melakukan penelitian pada 20 pasien dan menemukan bahwa masing-masing mengalami penurunan mendengkur setidaknya 50 persen setelah minum obat atomoxetine dan oxybutynin.

Atomoxetine banyak digunakan untuk mengobati gangguan attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), dengan meningkatkan kadar norepinefrin kimiawi otak. Ilmuwan yang berbasis di Boston percaya bahwa norepinefrin dapat membantu meningkatkan aktivitas otot tenggorokan saat seseorang tertidur. Oxybutynin, di sisi lain, biasanya digunakan untuk mengobati kandung kemih yang terlalu aktif tetapi sekarang diyakini juga mencegah otot lidah bergerak dan menghalangi tenggorokan, yang menyebabkan dengkuran. Tahap pertama dari studi Apnimed menemukan bahwa R-oxybutynin ditoleransi dengan baik dan bahwa tidak ada efek samping yang terkait dengan obat studi.

“Obat ini dirancang agar aman, efektif, dan nyaman, mengatasi keterbatasan utama dari standar perawatan perawatan saat ini,” Apnimed kata dalam sebuah pernyataan.

Studi Apnimed masih dalam tahap awal dan para ahli mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa efektif atau aman pil itu, tetapi uji coba fase kedua adalah akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini.

Menurut situs tidur dan kesehatan Sleep Foundation, sekitar 2 hingga 9 persen orang dewasa di Amerika Serikat memiliki OSA, tetapi banyak kasus tidak terdiagnosis.

Perangkat Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) biasanya digunakan untuk mengobati OSA. Mesin CPAP memastikan aliran udara yang konstan ke saluran udara seseorang melalui pipa dan masker. Untuk kasus yang lebih ringan, perubahan gaya hidup biasanya disarankan, seperti berolahraga dan menghindari merokok.

[ad_2]

Exit mobile version