Site icon Beritaenam.com

Ini Fungsi Black Box Dalam Pesawat

Black Box.

Beritaenam.com, Jakarta – Dalam kecelakaan pesawat, tim penyelamat akan memfokuskan pencarian pada korban dan kotak hitam. Peran kotak hitam memang paling dibutuhkan dalam dunia penerbangan dan untuk penyelidikan.

Jika pesawat mengalami kecelakaan, lewat kotak hitam bisa diketahui penyebab kecelakaan pesawat.

Berikut beberapa fungsi dari kotak hitam saat pesawat melakukan perjalanan yang tersimpan di ekor pesawat:

1. Dapat merekam semua pembicaraan

Fungsi kotak hitam saat pesawat melakukan perjalanan adalah merekam semua pembicaraan pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC).

Rekaman suara itu disimpan dalam teknologi bernama Cockpit Voice recorder (alat perekam suara di ruang kemudi pilot) dalam kotak hitam.

2. Untuk mengetahui tekanan udara

Dalam kotak hitam, ada teknologi yang dinamakan Flight data recorder (FDC). Tugas FDC adalah merekam tekanan udara, sekaligus memantau informasi percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya. Kebanyakan parameter direkam beberapa kali per detik.

3. Tahan terhadap suhu hingga 1.100 derajat celsius

Kotak hitam didesain memiliki Crash Survivable Memory Unit (CSMU) yang berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi, dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki.

Selain itu, untuk memudahkan pencarian lokasi kecelakaan pesawat, terutama pencarian di bawah air, kotak hitam pesawat dilengkapi underwater locator beacon yang berfungsi memancarkan perekam ultrasonik dan Sinyal dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000.

Exit mobile version