Site icon Beritaenam.com

Ini yang Telah Dilakukan Jokowi Selama 4 Tahun Pimpin Indonesia

Jokowi saat hadiri deklarasi Alumni Universitas di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

beritaenam.com, Jakarta – Presiden Jokowi menceritakan sejumlah capaiannya di bidang infrastruktur selama empat tahun dirinya memimpin Indonesia. Jokowi menuturkan, banyak infrastruktur yang sudah dikerjakan seperti pelabuhan dan bandara .

“Misalnya pelabuhan Makassar New Port dan pelabuhan sedang dan kecil. Yang lainnya tetap juga airport baru banyak yang telah kita bangun, baik di Jawa maupun di luar Jawa juga jalan tol di luar Jawa,” ujar Jokowi di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Kemudian soal dana desa yang diperuntukkan untuk pembangunan jalan-jalan kecil, pembangunan irigasi dan pembangunan jembatan kecil yang ada di desa.

“Kalau bapak ibu pergi ke desa jadi barang. Jadi barang, ada yang jadi jalan tadi semuanya, seinget saya ada 108 ribu Kilometer jalan yang telah dikerjakan dari dana desa ini,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut sebanyak 6.900 pasar telah dibangun dari dana desa.

“Ada 6.900 pasar di desa yang terbangun dari dana desa ini dan pembangunan-pembangunan yang lain yang ada di desa yang saya tidak ingat satu persatu. Artinya apa, yang namanya infrastruktur itu juga infrastuktur yang ada di desa-desa bukan urusan jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya yang sudah tembus beberapa hari yang lalu,” ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, pemerintah sudah melakukan capaian bukan hanya di bidang infrastruktur. Pemerintah juga memiliki program bagi masyarakat kurang mampu yakni Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar.

“Kemudian yang berkaitan dengan program keluarga harapan yang namanya Program Keluarga Harapan ke 10 juta KK yang ada di seluruh Indonesia untuk apa, baik untuk memulai usaha-usaha super mikro yang ada di kampung maupun di desa, maupun untuk kepentingan pendidikan dan kesehatan dan keluarga mereka,” tandasnya.

Exit mobile version