Site icon Beritaenam.com

Jemaah An-Nadzir Gowa Rayakan Idulfitri Hari Ini

Jemaah An-Nadzir Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, saat melaksanakan salat Id, Idulfitri 1440 Hijriah, di Kompleks Pemukiman Jemaah An-Nadzir, di Kelurahan Mawang, Gowa, Senin, 3 Juni 2019.

Makassar – Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, merayakan Idulfitri 1440 Hijriah hari ini. Mereka melaksanakan salat Id setelah bermusyawarah menetapkan1 Syawal 1440 Hijriah.

“Sudah kita amati, memantau, dan musyawarah dengan tim sembilan dan kita yakin hari ini 1 Syawal 1440 Hijriah,” kata Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, ustaz M Samiruddin Pademmui, usai salat Id di Gowa, Senin, 3 Juni 2019.

Penentuan 1 Syawal 1440 Hijriah dilakukan melalui pengamatan bulan sejak 3 bulan yang lalu hingga saat ini. Penentuan awal bulan, kata dia, harus mengamati berakhirnya bulan secara teliti.

“Kita mengamati bulan akhir untuk menentukan awal bulan, yakni jika ingin mengetahui bulan Syakban kita mengamati Rajab. Untuk mengetahui bulan Ramadan mengamati bulan Syakban begitupun Syawal,” jelas dia.

Selain mengamati akhir bulan untuk menentukan awal bulan, pihaknya juga memantau sempurnanya bulan purnama di antara tanggal 14, 15, dan 16 Mei 2019.

“Ketika sudah menyimpulkan itu selanjutnya tinggal menghitung hingga tanggal tiga terakhir. Di situ kita punya rumus lagi dengan menentukan fajar sadik,” jelas dia.

Setelah menentukan fajar sadik, jemaah atau tim sembilan yang telah dibentuk sebelumnya mengamati tanda-tanda atau fenomena alam. Hal ini berupa angin, kilat, dan pasang air.

Melansir medcom.id, Salat Id Jemaah An Nadzir di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, pun berjalan dengan khidmat. Mereka khusyuk menjalankan ibadah di 1 Syawal 1440 Hijriah.

Setelah salat Id, jemaah yang dipimpin oleh Ustaz Lukman terlihat bahagia. Mereka saling berpelukan dan meneteskan air mata kebahagiaan setelah kembali ke fitrahnya.

Exit mobile version