Site icon Beritaenam.com

Joe Biden Merundingkan Kesepakatan Nuklir Iran?

Beritaenam.com — Pengawal Revolusi Iran telah menyita sebuah kapal tanker Korea Selatan–di Teluk, menurut media Iran.

Seoul menuntut pembebasan segera kapal itu setelah mengonfirmasi bahwa kapal itu telah ditangkap oleh otoritas Iran di perairan Oman.

Ada ketegangan antara kedua negara setelah sanksi AS menyebabkan dana Iran dibekukan di bank-bank Korea Selatan.

Tampaknya Iran telah menggunakan taktik lama pada saat merasa di bawah tekanan.

Kapal tanker Korea Selatan itu sedang berlayar melalui Selat Hormuz yang sempit ketika ditangkap oleh kapal Pengawal Revolusi Iran karena diduga mencemari perairan dengan bahan kimia.

Gambar:
Seoul telah menuntut pembebasan segera kapal tersebut

Itu meragukan. Motif yang lebih mungkin adalah balas dendam pada $ 7 miliar uang pemerintah Iran yang dibekukan di rekening Korea Selatan karena sanksi AS.

Iran mengklaim perlu uang untuk membeli peralatan dan vaksin untuk dirawat COVID-19.

Pengobatan dikecualikan dari sanksi, dan dalam beberapa bulan terakhir, Iran telah mencoba membujuk Seoul untuk melepaskan uangnya, namun gagal.

Waktunya juga bukan kebetulan: Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan akan mengunjungi Teheran dalam beberapa hari mendatang, dan ini akan memperkuat tangan Iran dalam negosiasi.

Televisi pemerintah Iran menayangkan gambar MT Hankuk Chemi yang dikawal ke pelabuhan Bandar Abbas di pantai teluk Iran. Korea Selatan telah memerintahkan beberapa kapal angkatan laut ke daerah itu sebagai tanggapan.

Gambar:
Stena Impero disita pada Juli 2019. File pic: Stena Bulk

Iran memiliki bentuk di sini. Pada 2019, Pengawal Revolusi berulang kali mencoba merebut kapal tanker berbendera Inggris sebagai pembalasan terhadap penyitaan kapal Iran di lepas pantai Gibraltar. Mereka akhirnya berhasil, menangkap Stena Impero.

Beberapa minggu sebelumnya, serangkaian ledakan di kapal tanker di Teluk berada pada titik tekanan atas kesepakatan nuklir Iran – ketika pemerintahan Trump meningkatkan sanksi terhadap rezim. Teheran membantah terlibat.

Kami sekarang berada dalam periode tegang lain antara Iran dan AS, meskipun belum begitu aktif seperti bulan-bulan musim panas 2019.

Hari Minggu baru saja berlalu menandai satu tahun sejak Jenderal Iran Qassam Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika tak lama setelah mendarat di bandara Baghdad. Iran mungkin masih ingin menandai peringatan itu dengan cara tertentu.

Ada harapan bahwa Donald Trump mungkin juga mencoba melepaskan diri selama hari-hari terakhirnya menjabat, untuk menghentikan Joe Biden menegosiasikan ulang kesepakatan nuklir ketika dia menjabat.

Gambar:
Diperkirakan Donald Trump mungkin mencoba menghentikan Joe Biden merundingkan kembali kesepakatan nuklir Iran

Pembom B-52 telah dikirim ke wilayah tersebut, dan kapal induk USS Nimitz tinggal di kawasan Teluk sedikit lebih lama, membalikkan rencana awal untuk pergi sebagai tanda penurunan eskalasi.

Dan dalam sebuah langkah yang dapat memaksa tangan presiden AS, Iran telah mengumumkan dimulainya kembali pengayaan uranium hingga kemurnian 20%, melanggar kesepakatan nuklir 2015 dan secara dramatis mempercepat proses menuju senjata nuklir.

Uni Eropa mengkritik ini sebagai “penyimpangan serius” dari kesepakatan.

Ketika Teheran melakukan hal serupa satu dekade lalu, itu hampir memicu serangan oleh Israel.

 

Exit mobile version