Site icon Beritaenam.com

Jokowi Divaksin COVID-19 Pertama di Istana Merdeka

Suhu tubuhnya tercatat 36,3 derajat Celcius dan tekanan darah 130/60

Beritaenam.com — Presiden Joko Widodo menerima suntikan pertama vaksin COVID-19 di Istana Merdeka, di sini, Rabu, 48 jam setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengesahkan penggunaan daruratnya.

Sebelum mendapat jab pertama, Jokowi, demikian panggilan akrabnya, menjalani pemeriksaan kesehatan singkat yang dilakukan oleh dokternya Prof Abdul Mutalib. Dia mengukur tekanan darah dan suhu tubuh Jokowi sambil memastikan bahwa presiden tidak pernah dinyatakan positif virus corona.

“Suhu tubuhnya tercatat 36,3 derajat Celcius dan tekanan darahnya 130/60,” kata dokter itu sembari memberi lampu hijau kepada Presiden untuk menerima suntikan vaksin.

Saat penyuntikan, yang diadakan dalam acara yang disiarkan langsung di televisi nasional, tangan dokter tampak sedikit gemetar saat memberikan suntikan vaksin COVID-19 pertama kepada Jokowi.

Namun, kata Mutalib, vaksinasi tersebut berjalan lancar, karena Presiden tidak mengalami pendarahan atau nyeri otot pasca suntikan.

Pada bagian terakhir, Jokowi diminta menunggu selama 30 menit karena dokternya akan mengamati reaksi alergi presiden setelah vaksinasi.

Selain presiden, beberapa anggota kabinet, influencer media sosial, dan bintang TV, serta beberapa petugas kesehatan termasuk di antara yang pertama menerima suntikan vaksin di Istana Merdeka, Rabu.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk menyuntik total 1,48 juta pekerja kesehatan mulai Kamis (14 Januari) dan seterusnya hingga Februari, sementara total 17,4 juta pekerja publik dalam kategori berisiko tinggi akan menyusul.

Otoritas kesehatan hingga saat ini telah berhasil mengamankan lebih dari 300 juta dosis vaksin dari berbagai sumber, termasuk Sinovac, Novavax, Fasilitas COVAX, Pfiizer-BioNTech, dan AstraZeneca.

“Vaksinasi penting untuk memutus mata rantai penularan virus Corona, dan memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan bagi seluruh warga negara Indonesia. Hal itu akan membantu kita dalam mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di Istana yang ditayangkan televisi nasional.

Meski sudah mendapat suntikan vaksin, Jokowi mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti tata tertib kesehatan, termasuk memakai masker, menjaga kebersihan diri, dan menghindari keramaian.

Exit mobile version