Site icon Beritaenam.com

Jokowi-Ma’ruf Menang di Kota Besar Eropa

Jokowi-Ma'ruf Amin.

beritaenam.com, Jakarta – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di beberapa wilayah kerja Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) negara-negara Eropa. Wilayah tersebut yakni PPLN Berlin, Jerman; PPLN Paris, Prancis; dan PPLN Kopenhagen, Belanda.

Dalam sertifikat hasil rekapitulasi perolehan suara atau formulir DA I PPLN Berlin, disebutkan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 1.384 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya meraup 429 suara.

PPLN Berlin menetapkan 2.527 warga negara Indonesia (WNI) sebagai pemilih, baik pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK). Namun, hanya 1.853 pemilih yang datang menggunakan hak suaranya.

Dari jumlah suara yang masuk itu, 40 suara dinyatakan tidak sah. Pemungutan suara di wilayah PPLN Berlin dilakukan dengan metode pos dan tempat pemungutan suara luar negeri (TPS LN).

Calon petahana juga berhasil mengamankan kemenangan di PPLN Paris, Prancis. Di Kota Pusat Mode Dunia itu, Jokowi-Ma’ruf meraup 1.546 suara, dan Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 266 suara.

PPLN Paris menetapkan 2.603 WNI sebagai pemilih. Dari jumlah itu, sebanyak 1.855 pemilih datang menggunakan haknya dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 43 suara.

Jokowi-Ma’ruf mempertebal kemenangan dengan unggul atas Prabowo-Sandi di PPLN Kopenhagen. Di Ibu Kota Denmark ini, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 440 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya 76 suara.

Pemungutan suara di PPLN Kopenhagen diikuti oleh 552 pemilih dari total 807 WNI yang tercatat sebagai pemilih. Dari 552 suara yang masuk, 36 suara dinyatakan tidak sah.

Kemenangan Jokowi di tiga wilayah PPLN tersebut memperkuat dominasi petahana dalam perolehan suara luar negeri. KPU saat ini telah menetapkan rekapitulasi di 68 dari 130 wilayah kerja PPLN.

Dari 68 PPLN yang telah ditetapkan itu, Jokowi-Ma’ruf menang di 58 PPLN. Sementara itu, Prabowo-Sandi hanya menang di sembilan PPLN. Perolehan suara kedua paslon imbang di satu PPLN, yakni PPLN Tunis, Tunisia.

Exit mobile version