Site icon Beritaenam.com

Jokowi Resmi Lantik Syamsuar dan Edy Jadi Gubernur dan Wagub Riau

Presiden Jokowi salami Gubernur dan Wakil Gubernur Riau usai pelantikan.

beritaenam.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024 terpilih Syamsuar dan Edy Natar Nasution, di Istana Negara , pada Rabu (20/2/2019)

Acara pelantikan didahului dengan proses penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI kepada Syamsuar dan Edy. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Pelantikan Syamsuar dan Edy berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Sebelum saudara mengucapkan sumpah berkenaan dengan pengesahan dan pengangakatan saudara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan tahun 2019 -2024. Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara, apakah saudara saudara beragama Islam, bersediakah saudara-saudara diambil sumpah jabatan menurut agama Islam,” ujar Jokowi saat pelantikan.

“Bersedia,” jawab Syamsuar dan Edy secara bersamaan.

Jokowi kemudian melantik Syamsuar dan Edy seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang diikuti Syamsuar dan Edy.

Dalam acara pelantikan hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kemudian hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Juru Bicara Presiden Johan Budi SP.

Exit mobile version