Site icon Beritaenam.com

Jokowi Sudah Jalani Tes Deteksi Covid-19: Alhamdulillah, Hasilnya Negatif

Beritaenam.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan lewat akun Instagramnya @jokowi bahwa dirinya negatif Covid-19 atau virus corona.

Dalam captionnya, Jokowi mengatakan sudah menjalani tes deteksi Covid-19 dan “Alhamdulillah, hasilnya negatif”.

Presiden Jokowi pun melanjutkan dengan memberi imbauan untuk sama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan belajar, bekerja, dan ibadah dari rumah.

Dalam postingan yang diunggah Kamis (19/3/2020) sore tersebut juga tampak foto Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin juga sudah melaksanakan tes deteksi corona di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta dan hasilnya juga negatif.

Sejak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19, sejumlah menteri pun menjalani tes.

Joko Widodo (Jokowi) mengaku lebih sering mengonsumsi ramuan herbal dari temulawak, jahe, serai, kunyit atau empon-empon.

Sebelumnya, Jokowi sudah rutin minum ramuan herbal ini satu kali sehari. Tetapi, sekarang Jokowi meminumnya sebanyak 3 kali sehari, yakni pagi, sore dan malam.

 “Setiap hari minum itu temulawak jahe, serai kunyit, saya campur pagi saya minum hanya pagi-pagi saja. Sekarang karena ada corona, saya minumnya pagi siang malam,” ujar Jokowi bersaksi.

Pagi hari ini saat akan memulai aktivitas kantor, ia minum jamu.

Ayah tiga anak ini juga menyampaikan ramuan yang terkandung dalam jamu. Temulawak, jahe, kunyit, jadi jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang-rajang, kunyit.

Ramuan tersebut lantas diseduh dengan air panas, disaring, lalu baru diminum.

“Saya sudah saya minum mungkin 17–18 tahun yang lalu sampai sekarang,” ungkap suami Iriana ini mengakui minum jamu setiap pagi sebelum beraktivitas.

Bahkan, pihak Istana Kepresidenan tidak lagi menyuguhkan minuman teh untuk tamu-tamunya, melainkan ramuan herbal yang biasa dikonsumsi Jokowi.

Perlu diketahui temulawak adalah obat herbal yang bentuk dan warnanya hampir mirip dengan kunyit. Temulawak berwarna kuning muda dan memiliki akar rimpang.

Temulawak yang memiliki nama lain curcuma xanthorrhiza bermanfaat sebagai obat herbal, penyedap masakan, minuman dan pewarna alami untuk makanan dan kosmetik.

 

#

Bumbu dapur temulawak yang biasanya dikonsumsi Presiden Jokowi ini memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Para ahli mengatakan temulawak bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar dan meningkatkan nafsu makan.

Studi dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyarankan orang yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi temulawak. Karena, bumbu dapaur ini bisa mempercepat penyembuhan.

2. Mencegah kanker

Temulawak juga bermanfaat membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus. Riset tahun 2001 menyatakan bahwa temulawak bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center juga mengatakan bahwa temulawak bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker karena sifat antioksidannya.

3. Mengatasi osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif yang bisa diatasi dengan temulawak. Journal of Alternative and Complementary Medicine, menjelaskan bahwa temulawak memberikan efek sama seperti ibuprofen, yakni penghilang rasa sakit pada pasien osteoarthritis.

4. Menjaga kesehatan liver

Ekstrak temulawak juga memiliki manfaat menjaga kesehatan hati atau liver dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida. Karena, hepatotoksin merupakan bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati.

5. Antibakteri dan antijamur

Temulawak mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan, senyawa antijamur cukup ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

 

Exit mobile version