Site icon Beritaenam.com

JPU Siapkan 4 Saksi Ahli di Sidang Ratna Sarumpaet

Sidang hoaks Ratna Sarumpaet.

beritaenam.com, Jakarta – Tim jaksa penuntut umum (JPU) menyiapkan 4 saksi ahli di sidang lanjutan Ratna Sarumpaet. Keempat saksi ahli tersebut berasal dari berbagai bidang.

“InsyaAllah ada 4 ahli akan dihadirkan,” kata Koordinator JPU, Daroe, saat dihubungi, Kamis (25/4/2019).

Adapun keempat saksi yang akan dihadirkan diantaranya, ahli sosiologi Dr. Trubus, ahli bahasa Dr. Wahyu Wibowo, ahli pidana Dr. Metty Rahmawati Argo, ahli digital forensik Saji Purwanto. Keempatnya akan dihadirkan untuk menguatkan dakwaan jaksa terhadap Ratna Sarumpaet.

Diketahui, Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan.

Dilansir dari detik.com, Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut penganiayaan.

“(Terdakwa) Menceritakan mengenai penganiayaan dan mengirimkan foto dalam keadaan bengkak merupakan rangkaian kebohongan terdakwa untuk mendapat perhatian dari masyarakat, termasuk tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno,” ujar jaksa penuntut umum ketika membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Jaksel), Jalan Ampera Raya, Kamis (28/2).

Jaksa menguraikan rangkaian kebohongan yang dilakukan Ratna lewat pesan WhatsApp, termasuk menyebarkan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak.

Puncak dari kebohongan Ratna, disebut jaksa, adalah ketika Prabowo Subianto menggelar jumpa pers pada 2 Oktober 2018.

Akibat rangkaian kebohongan Ratna Sarumpaet, menurut jaksa, masyarakat menjadi gaduh. Muncul juga sejumlah unjuk rasa karena kasus hoax Ratna.

Ratna didakwa melanggar Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Exit mobile version