Site icon Beritaenam.com

Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Personel dan Kendaraan Lalu Lintas Jelang HUT RI ke-79 di IKN

Beritaenam.com — Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, melakukan pengecekan kesiapan personel dan kendaraan pengamanan di Islamic Center Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengawalan rute lalu lintas dan parkir (Pamwalrolakir) Ditlantas Polda Kaltim, mengingat acara tersebut akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Hari ini saya melakukan pengecekan terhadap kesiapan Satgas Pamwalrolakir. Berdasarkan laporan dari Dirlantas, secara keseluruhan kami sudah siap mengamankan dan mengawal rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN ini,” ungkap Irjen Pol. Aan Suhanan.

Sebanyak 898 personel akan dikerahkan dalam Satgas Pamwalrolakir untuk memastikan kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian kegiatan. Kakorlantas juga menekankan pentingnya kesiapan kendaraan pengamanan, baik roda dua maupun roda empat, yang telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima.

“Ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang sudah siap operasional. Kendaraan-kendaraan ini bahkan sudah menjalankan tugas pada pagi dan siang hari ini,” jelas Kakorlantas pada Sabtu (10/8).

Selain itu, Irjen Pol. Aan Suhanan menegaskan bahwa Satgas Pamwalrolakir telah melakukan berbagai simulasi pengamanan untuk memastikan kesiapan maksimal pada acara besar tersebut. “Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute. Beberapa waktu lalu kami juga sudah mengadakan latihan, sehingga pada hari H nanti kami benar-benar siap mengamankan event yang luar biasa ini,” tambahnya.

Dengan persiapan yang matang dan komitmen tinggi dari seluruh personel, Irjen Pol. Aan Suhanan berharap peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 di IKN dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. “Saya sampaikan kepada seluruh personel untuk mempersiapkan diri dengan baik agar event yang luar biasa ini bisa kita kelola dengan maksimal,” pungkasnya.

Setelah melakukan pengecekan, Kakorlantas bersama jajarannya melanjutkan kegiatan dengan memantau kondisi jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) guna memastikan kelancaran akses menuju kawasan tersebut. Mereka juga meninjau secara langsung lokasi Istana Negara dan lapangan upacara yang akan menjadi pusat kegiatan HUT Kemerdekaan di IKN.

Dalam pengecekan tersebut, Irjen Pol. Aan Suhanan didampingi oleh Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Ari Subiyanto, Kasubditwal dan PJR Kombes Pol Faizal, serta sejumlah jajaran lainnya.

Exit mobile version