Site icon Beritaenam.com

Kasus Suap Pajak Kementerian Keuangan Dipantau KPK

“Kami juga sudah koordinasi dengan Inspektorat Jenderal Kemenkeu,” kata Alexander Marwata . Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK melakukan penggeledahan dalam kasus suap pajak di Kementerian Keuangan. Namun belum mengungkap detil mana saja yang digeledah.

Menurut sumber yang mengetahui penyidikan ini, Surat Perintah Penyidikan untuk sejumlah tersangka sudah diteken sejak 4 Februari 2021.

Sejumlah tempat juga sudah digeledah seperti Kantor Direktorat Jenderal Pajak dan rumah seorang pejabat Dirjen Pajak pada awal Februari 2021. Serta, kantor konsultan pajak pada pertengahan Februari 2021.

Alex menjelaskan modus kasus korupsi ini adalah para wajib pajak memberikan uang kepada pejabat agar nilai pembayaran pajaknya menjadi rendah. Ia tak menyebutkan siapa wajib pajak yang diduga melakukan penyuapan tersebut.

“Seperti penanganan pajak sebelumnya, pemeriksaan pajak gimana caranya supaya itu rendah, prinsipnya begitu.,” ujar Alex.

Dari situ, selalu ada imbal balik ketika itu menyangkut perpajakan itu ada kepentingan PT dengan pejabat pajak, kalau mau pajaknya rendah ada upahnya kan gitu.

Alex menuturkan nilai suap dalam kasus ini diperkirak.

Direktur P2Humas Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Neilmadrin Noor belum merilis berita soal Departemen Keuangan urusan Pajak berurusan dengan KPK.

 

Exit mobile version