Site icon Beritaenam.com

Kata Bijak Orang Bijak

Beritaenam.com — “There are people in the world so hungry, that God cannot appear to them except in the form of bread or rice.”

(Ada warga dunia yang begitu laparnya sehingga Tuhan tampil di muka mereka sebagai sepotong roti atau sepiring nasi.)

***

Tentang Kejeniusan

“Everyone is a genius at least once a year; a real genius has his original ideas closer together.”

(Tiap orang menjadi jenius minimal sekali setahun. Jenius yang sebenarnya memiliki pemikiran cemerlang lebih sering dari sekali setahun tadi.)

***

Tentang Keberhasilan

“Success usually comes to those who are too busy to be looking for it”

(Keberhasilan biasanya datang pada mereka yang sehari-harinya kelewat sibuk bekerja keras sehingga tak punya waktu mencarinya [sukses].)

***

10 Tips Customer Service

Memberi layanan pelanggan secara memuaskan (satisfactory customer service) bukan urusan sederhana. Banyak teori, banyak petunjuk soal itu; belum tentu efektif. Berikut sepuluh kiat memuaskan pelanggan yang mudah-mudahan memuaskan Anda.

Cepat sambut pelanggan dengan senyum. Tak boleh lebih dari 30 detik untuk itu.

Segera ambil barang dari tangan pelanggan yang tujuannya untuk dikembalikan atau ditukar.

Selalu jawab panggilan telepon maksimal pada deringan ketiga. (“Terima kasih telah menelepon [nama perusahaan]. Saya [sebut nama Anda]. Apa yang bisa saya bantu?”)

Jika hendak menawarkan produk, pastikan barang ini dibutuhkan customer.

Tunjukkan aspek dari produk itu yang bersifat solusi bagi customer.

Jika pelanggan tiba dengan mobil, segera bantu dia membawa barang dari mobil.

Pastikan setiap penjualan di atas harga [tentukan angka jual] akan Anda telepon untuk mengucapkan terima kasih dan janji layanan purna jual (kalau ada).

Jangan pernah mengira Anda memahami penuh persoalan pelanggan. Sebaiknya digali apa soal intinya. Jika perbincangan tak bisa lewat telepon, kunjungi dia.

Perlakukan semua customer sebagaimana Anda sendiri ingin diperlakukan.

Jangan ingkar janji; jangan pernah memberi janji yang tak bisa Anda penuhi.

8 “Jangan” Buat Karyawan

Ada beberapa kebiasaan karyawan yang sejatinya dibenci – atau minimal dicatat sebagai tidak baik – oleh para atasan di mana pun. Apa saja itu …

1.Terlambat. OK-lah, kemacetan memang acap tak terhindarkan. Tapi berkali-kali Anda terlambat dengan alasan ini … siap-siap masuk “daftar hitam” bos.

2. Mengeluh. Kebanyakan pimpinan pun tidak senang kalau ada bawahannya yang gemar mengeluh soal pekerjaan. Namanya juga bekerja, pasti menghadapi aneka persoalan. Ya, selesaikan saja … tanpa harus banyak cing-cong. ‘Gitu aja repot.

3. Nir-prakarsa. Para bos juga lebih senang ke anak buah yang berinisiatif. Jadi buat mereka yang senangnya berdiam diri saja, menunggu perintah, dan lain-lain, jangan harap bakal masuk jalur promosi cepat.

4. Banyak Salah. Siapa sih yang senang pada karyawan yang sering salah. Seperti tidak serius bekerja, kesannya, kalau salah melulu. Lebih telitilah kalau bekerja.

5. Sikap Jelek. Jangan pelihara sikap-sikap buruk berikut ini: susah bekerjasama, sinis, suka menjatuhkan orang lain, berpandangan negativistic, marah jika ditegur atasan, dan sejenisnya.

6. Berisik. Kalau bekerja, ya bekerja saja. Tidak usah berisik, banyak berbicara dan sebagainya. Sedikit bicara, banyak bekerja; itu adagium yang bagus.

7. Tak Teratur. Cobalah atur (manage) pekerjaan Anda secara baik. Jangan awut-awutan dalam mengerjakan tugas-tugas Anda. Aliran pekerjaan harus diatur, juga waktu (time management). Kalau ngawur, bos tak bakal mau percaya Anda.

8. Masalah Pribadi. Jangan bawa-bawa persoalan rumah tangga Anda ke kantor karena itu bisa mengganggu pekerjaan dan hasil kerja. Tak ada tempat bagi drama keluarga di tempat kerja.

 

 

Exit mobile version