Site icon Beritaenam.com

Kemenhub: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Mudik Siang Hari

Ilustrasi mudik lebaran,

beritaenam.com, Jakarta – Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak takut berangkat mudik pada siang hari. Imbauan ini ditujukan bagi pemudik yang berencana berangkat malam hari karena berbagai alasan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sugihardjo menyebut, biasanya pemudik berangkat malam agar sampai tujuan pada siang hari. Hal ini, kata dia, untuk menghindari tiba di tujuan yang rawan kejahatan seperti Lampung atau Palembang.

“Masyarakat tidak perlu khawatir jalan pagi,” kata Sugihardjo di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.

Dia mengatakan, hadirnya tol Trans Sumatera membuat jarak tempuh lebih pendek. Apalagi, tol fungsional, yaitu tol yang bisa dilalui tanpa transaksi pembayaran juga bisa dilalui sehingga mobilisasi lebih mudah.

“Masyarakat bisa berangkat pagi karena tol fungsional membuat perjalanan cepat sehingga sampai Palembang siang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Ahmad Yani juga mengimbau hal serupa. Pasalnya, pemerintah telah bekerjasama dengan Polda Lampung. Lampung disebut rawan kejahatan saat malam hari.

Salah satu bentuk pengamanannya, kata dia, adalah menyediakan posko keamanan setiap lima kilometer. Kepolisian, lanjut Yani, juga berkomitmen menjalankan tugasnya dengan maksimal selama mudik Lebaran.

“Kepolisian bakal menindak tegas segala bentuk kejahatan,” tegas dia.

Exit mobile version