Site icon Beritaenam.com

Kemenparekraf Gelar “Melodi Kemerdekaan” untuk Sambut HUT RI ke-79

Beritaenam.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menyelenggarakan “Melodi Kemerdekaan,” sebuah program rutin dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan bahwa “Melodi Kemerdekaan” mengajak masyarakat untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia dengan mengaransemen ulang lagu-lagu daerah.

Dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno,” Sandiaga Uno berharap “Melodi Kemerdekaan” dapat mendorong perkembangan subsektor musik di Indonesia. “Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan ruang bagi kreativitas dan inovasi dalam bidang musik,” ujar Sandiaga Uno, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Titus Haridjati, menyebutkan ada sembilan lagu daerah yang dapat dipilih untuk diaransemen ulang. “Aransemen bisa dikreasikan dengan gaya masing-masing, baik secara perorangan maupun grup,” kata Titus.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam “Melodi Kemerdekaan 2024” dapat mengirimkan karyanya mulai tanggal 3 hingga 25 Agustus 2024. “Informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun Instagram @creativebyindonesia,” ujar Titus.

Para member grup idol remaja JKT48 juga antusias mendukung “Melodi Kemerdekaan 2024.” Lulu, salah satu member, berharap kegiatan ini dapat mendorong kreativitas generasi muda. “Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Pak Menteri, apalagi kami suka menyanyi, jadi kami sangat antusias menyanyikan lagu-lagu daerah,” ujar Lulu.

Member JKT48 lainnya, Freya, mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk ikut mengkreasikan lagu daerah. “Menyanyikan lagu daerah bisa menjadi salah satu bentuk cinta tanah air sekaligus memperingati ulang tahun ke-79 Indonesia,” kata Freya.

Tidak ketinggalan, member lainnya, Oniel, juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Generasi muda dapat ikut mempromosikan lagu daerah, karena selain enak didengar, liriknya juga banyak mengandung petuah positif yang bisa kita ambil,” ujar Oniel.

Exit mobile version