Site icon Beritaenam.com

KH Ma’ruf Amin Terpilih sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PKB Periode 2024-2029

Beritaenam.com — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk masa bakti 2024-2029. Keputusan ini diambil melalui Muktamar ke-6 PKB yang digelar di Bali pada Sabtu (24/8/2024) malam, dan telah disetujui oleh seluruh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB dari 38 provinsi di Indonesia.

Pemilihan KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB bermula dari musyawarah yang dilakukan oleh para Kiai Sepuh Nahdlatul Ulama (NU) sebelum sidang pleno Muktamar PKB dimulai. Musyawarah ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting NU, termasuk KH Said Aqil Siroj, KH Nurul Huda Jazuli dari Ploso, KH Kafabihi Mahrus Ali dari Lirboyo, KH Saifullah Maksum dari Jakarta, KH Abdussalam Shohib dari Jombang, KH Taufik Abdullah dari Banjarnegara, dan Kiai Robikin Emhas.

Dalam musyawarah tersebut, para kiai sepakat memberikan dukungan penuh kepada KH Ma’ruf Amin untuk memimpin Dewan Syuro PKB. Kesepakatan ini kemudian disetujui oleh para muktamirin dalam muktamar PKB yang digelar pada Minggu dini hari (25/8) WITA, menjadikan KH Ma’ruf Amin sebagai sosok yang akan memimpin Dewan Syuro PKB ke depan.

Dalam sambutannya di Muktamar PKB, KH Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa PKB, sesuai dengan namanya, adalah partai yang mengusung visi kebangkitan bangsa. “PKB telah membuktikan perannya bagi bangsa dan negara dengan merangkul seluruh kelompok, bukan hanya Nahdlatul Ulama (NU),” ujar Ma’ruf di Bali Nusa Dua Convention Center.

Ma’ruf Amin juga mengingat pembentukan PKB 26 tahun lalu sebagai wadah untuk menampung aspirasi warga NU. Namun, seiring berjalannya waktu, PKB diterima oleh seluruh golongan masyarakat. “PKB menggunakan pendekatan politik rahmatan lil alamin, politik untuk semua golongan,” tambahnya. Ia juga menekankan bahwa PKB berfokus pada politik perbaikan, bukan semata-mata politik kekuasaan.

Muktamar PKB turut dihadiri oleh para Kiai Sepuh, termasuk KH Nurul Huda Jazuli, KH Said Aqil Siroj, Abuya Muhtadi Dimyati, KH Subhan Makmun, KH Imam Jazuli, KH Marzuki Mustamar, KH Kafabihi Mahrus, KH Chaidar Muhaiminan, dan KH Ahmad Badawi Basyir. Turut hadir pula beberapa tokoh lainnya seperti Nyai Nurhayati Said Aqil, Nyai Hj Ida Fatimah, dan Gus Fahmi Mathori Abdul Jalil.

Dengan terpilihnya KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB, diharapkan partai ini akan terus memperkuat perannya dalam memperjuangkan aspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, serta membawa PKB menuju arah yang lebih baik di masa depan

Exit mobile version