Site icon Beritaenam.com

KH Ma’ruf Amin Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari di Kalsel

Maruf Amin ziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

beritaenam.com, Banjar – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari di Astambul, Banjar, Kalimantan Selatan.

Ma’ruf juga menyempatkan diri berziarah ke makam Tuan Guru Zainal Ilmi al-Banjari yang merupakan zuriat (keturunan) dari Tuan Guru Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Ayah Zainal Ilmi yang bernama H. Abdus Shamad bin H. Muhammad Said Wali, merupakan keturunan keempat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Ma’ruf mengatakan, semasa hidupnya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Arsyad dikenal sebagai ulama Islam bermazhab Syafi’i yang mengarang kitabkitab Fikih seperti Sabilal Muhtadin yang kemudian dijadikan kitab Fikih rujukan umat Islam di Asia Tenggara.

“Orang yang memberi nasihat kepada kerajaan waktu itu dan seorang ahli Fikih yang terkemuka. Tamatan dari Mekkah memang disekolahkan di sana, disuruh mengaji ke Mekkah pulangnya jadi penasihat di kerajaan,” ujar Ma’ruf di Astambul, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (25/1).

Sementara, Zainal Ilmi merupakan murid dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Dilansir merdeka.com, Ma’ruf mengatakan, berziarah merupakan bagian mencari berkah dari para ulama-ulama yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

“Kita ingin mencari berkah pada ulama-ulama, supaya kita dapat berkah saja. Mereka adalah perintis-perintis, ulama-ulama nusantara yang sangat berjasa bagi republik ini,” jelas Ma’ruf.

Usai berziarah, Ma’ruf langsung melaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah di Jalan Ahmad Yani, Pesayangan, Martapura, Cindai Alus, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan.

Exit mobile version