Site icon Beritaenam.com

Khawatir Lonjakan Arus Balik, Menhub Sarankan Pemudik Pulang Pada 7 Atau 10 Juni

Menhub Budi Karya Sumadi..

Sumenep – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyarankan para pemudik untuk pulang pada 7 atau 10 Juni 2019. Budi khawatir terjadi lonjakan arus balik jika semua masyarakat kembali di hari yang sama.

“Nah yang sedang kita pikirkan ini mudik balik, karena hanya dua hari tanggal 8 Juni dan 9 Juni,” kata Budi kepada wartawan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, Senin (3/6/2019).

Budi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik. Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Korlantas mengenai penerapan rekayasa lalin tersebut.

“Memang satu sisi kami akan buat rekayasa tertentu dengan diskusi yang akan dipimpin Kakorlantas tetapi kita juga sarankan kalau pulang sebaiknya tanggal 7 Juni atau tanggal 6 Juni bahkan atau tanggal 10 Juni sekalian,” imbuh Budi, seperi dikutip dari detik.com

Penerapan one way saat arus balik, menurut Budi, akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kajian mengenai penerapan rekayasa lalin di sejumlah titik pun masih terus dilakukan.

“Karena tanggal 8 Juni dan 9 Juni itu akan puncak sekali, yang berangkat relatif 8 hari, yang pulang hanya 4 hari. Jadi itu saran kami, tapi one way arah pulang dinamis dan kita akan lakukan diskusi apa yang akan kita lakukan,” ujar Budi.

Exit mobile version