Site icon Beritaenam.com

Kongres Satpol PP Ditutup, Mendagri Tito Karnavian Memimpin Apel Pagi Besok

Beritaenam.com — Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan “Eko Subowo” mewakili Menteri Dalam Negeri menutup acara resmi Rapat Koordinasi Nasional HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-70 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-58 Tahun 2020.

Nusa Tenggara Barat dipercaya sebagai tuan rumah Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) ke – 70 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke – 58 tahun 2020.

”Kegiatan skala nasional ini telah menjadi daya ungkit, pariwisata kita. Hotel-hotel penuh, obyek wisata bergerak kembali. Semoga ada banyak even nasional semacam ini, pesertanya ribuan orang dari seluruh Indonesia,” ujar Kepala Satpol PP NTB, Drs. H. Lalu Dirjaharta.

Kepala Satpol PP NTB, Drs. H. Lalu Dirjaharta.

”Momen ini kita tunjukkan bahwa NTB ini sudah bangkit kembali dari bencana gempa,’’ kata Dirjaharta saat ditemui  di eks Bandara Selaparang.

Dalam momen ini, ada juga bakti sosial donor darah yang akan bertempat di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NT

Direncanakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), H. Tito Karnavian akan menjadi inspektur upacara. Perwira Upacara Kasatpol PP Lombok Tengah dan Komandan Upacara, Kasatpol PP Kabupaten Sumbawa.

Kongres sudah menghasilkan komitmen, bagaimana Satpol PP yang humanis juga harus bersikap aktif mencermati ketertiban di daerahnya dan menjaga stabilitas keamanan jelang pesta demokrasi Pilkada serentak 2020.

”Satpol PP bukan gerombolan tapi bukti negara hadir,” ujar Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Arief M Eddie.

Arief menekankan, Satpol PP juga perlu berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya.

Resolusi dari Kongres Satpol PP 2020 ini, bahwa Satpol PP juga bukan musuh masyarakat, apalagi pedagang kecil. “Kami ini,  bukan pasukan penggempur. Kami justru wajib beri solusi ke masyarakat, sehingga semua bisa menikmati fasilitas daerah,” ujar Arief.

Arief menekankan, negara hadir di tengah masyarakat, dimana Satpol PP sebagai penyeimbang dalam kita bernegara. Pemda dengan satpol PP bisa menambah pendapatan pajak daerah dan wilayah bisa baik.
Exit mobile version