Site icon Beritaenam.com

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Supaya Ponsel Awet dan Tahan Lama

Jakarta – Saat ini, ponsel sudah berperan seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tak heran mengapa tingkat konsumsi ponsel di Indonesia cenderung sangat besar.  Antusias dari masyarakat juga membuat para produsen ponsel berlomba-lomba memberikan produk terbaik mereka. Bahkan beberapa brand terus mengeluarkan seru terbaru ponsel mereka dengan spesifikasi yang lebih canggih.

Salah satunya seperti brand Realme yang pada awal tahun ini mengeluarkan seri ponsel terbaru, hp realme C55 yang telah dijual di e commerce seperti Blibli. Ponsel ini dijual dengan harga terjangkau tetapi berkualitas.

Kebutuhan akan ponsel ini bahkan difasilitasi dengan baik oleh para penjualan. Hal ini dapat dilihat melalui banyaknya toko ponsel yang bisa dikunjungi. Tidak hanya gerai offline, bahkan Anda bisa mendapatkan ponsel dengan mudah melalui e commerce seperti Blibli.

Tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja, banyak hal-hal yang melibatkan ponsel, seperti bekerja, sekolah, sampai kegiatan jual beli. Urusan tersebut terkadang menimbulkan kerepotan saat ponsel sedang bermasalah.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat ponsel dengan baik. Terlebih bagi Anda yang membutuhkan ponsel untuk melakukan banyak hal. Perawatan yang dilakukan dengan tepat akan membuat ponsel yang Anda miliki awet dan tahan lama.

Tidak memiliki langkah yang sulit, perawatan ponsel bisa Anda lakukan dengan sederhana dan mudah. Lantas, apa saja hal yang harus dilakukan untuk merawat ponsel supaya tetap awet dan tahan lama? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Menggunakan Charger Asli

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat ponsel supaya tetap awet adalah dengan menggunakan pengisi daya yang asli. Sebab, penggunaan charger KW perlahan akan merusak ponsel Anda.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan powerbank. Panas yang berasal dari powerbank juga dapat memicu munculnya kerusakan. Oleh karena itu, gunakanlah powerbank saat benar-benar perlu saja.

2. Mematikan Ponsel Saat Tak Digunakan

Jika sedang tidak digunakan, matikanlah ponsel Anda. Melalui cara ini, Anda akan memberi waktu ponsel beristirahat. Sehingga ponsel bisa bekerja lebih optimal saat dihidupkan kembali. Jika Anda membutuhkannya sepanjang hari, maka Anda dapat memberi ponsel waktu istirahat sesaat sebelum pergi tidur.

3. Simpan di Tempat Aman

Meskipun bukan hal sulit tetapi menyimpan ponsel pada tempat yang aman adalah Langkah dalam memperpanjang usia ponsel Anda. Menyimpan ponsel di tempat yang aman adalah tindakan pengurangan resiko ponsel mengalami hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat juga bahwa smartphone memiliki layar yang sensitif.

4. Menghilangkan Cache

Data cache yang ada juga perlu diperhatikan, supaya ponsel berada pada performa terbaiknya untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Data cache memang membantu aplikasi bekerja dengan cepat dan efisien.

Akan tetapi, jika menumpuk juga akan membuat performa ponsel menurun, bahkan dapat error. Maka hapuslah data cache secara berkala, supaya performa tetap terjaga.

5. Tidak Mengisi Daya sampai 100%

Untuk menjaga ketahanan baterai, sebaiknya Anda tidak mengisi daya baterai sampai 100%. Sebab, baterai ponsel terbuat dari bahan lithium ion (Li-On). Jika mendapat tegangan yang tinggi, maka kualitasnya bisa terus menurun.

Selain itu, lapisan lithium metal baterai juga bisa menjadi tidak stabil jika terus mendapat arus listrik. Hal ini bisa membuat baterai menjadi kembung. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa meledak jika terus dibiarkan.

Maka disarankan Anda mengisi daya ponsel jika sudah menunjukkan angka 30%, dan berhenti saat sudah sampai 80%. Sehingga baterai ponsel akan lebih awet, serta dapat menopang performa ponsel dengan maksimal.

6. Hindari Melakukan Streaming saat sedang Mengisi Daya

Tahukan Anda bahwa menonton video atau film berjam-jam ketika ponsel dengan mengisi kembali daya akan menjadi faktor lain baterai ponsel cepat rusak? Hal ini terjadi karena kerja dari smartphone yang berat ketika sedang mengisi daya.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan menonton video ketika sedang mengisi daya baterai. Maka dengan begitu ponsel pintar Anda akan lebih kuat dan awet digunakan untuk beraktivitas seharian. Sebab baterai tetap terjaga.

7. Menghilangkan Aplikasi yang Tidak Penting.

Mengunduh aplikasi terlalu banyak pada ponsel juga berpotensi membuat ruang di dalam memori internal ponsel Anda akan semakin penuh. Maka ini menyebabkan performa ponsel menjadi terbebani. Akibatkan kinerja ponsel menjadi kurang maksimal.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghapus beragam aplikasi yang sebenarnya tidak penting dan jarang Anda gunakan. Langkah ini dapat memberi ruang pada memori internal ponsel Anda. Sehingga ponsel bisa bekerja secara maksimal. Serta ponsel akan lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat ponsel Anda tetap awet dan bisa bertahan dengan lama. Perhatikanlah setiap pemakaian ponsel Anda, sebab itu akan berdampak pada ketahanan ponsel di masa yang akan datang.

Exit mobile version