Site icon Beritaenam.com

Liga Champions: Misi Mustahil Red Devils Jegal El Barca

Para pemain Manchester United melakoni sesi latihan jelang menghadapi Barcelona (Foto: AFP/Oli Scarff)

beritaenam.com – Manchester United punya tugas berat pada fase gugur Liga Champions 2018 — 2019. Setelah sukses menyingkirkan Paris Saint-Germain pada babak 16-besar, Red Devils malah harus berjumpa dengan tim raksasa Spanyol, Barcelona pada babak perempat final.

Kedua tim akan memulai pertarungan pada Kamis 11 April. Laga yang merupakan leg pertama perempat final itu akan digelar di markas United, Stadion Old Trafford.

Meski akan bermain di kandang sendiri, menaklukkan Barcelona tentu menjadi misi yang sulit bagi United.

Bukan hanya karena statusnya sebagai salah satu tim terkuat di Liga Champions, tetapi situasi terkini dialami El Barca menjadi faktor United akan kesulitan meraih kemenangan.

Tengok saja hasil-hasil pertandingan terakhir dilakoni Barcelona. Tercatat, tim besutan Ernesto Valverde tersebut belum pernah terkalahkan dari enam pertandingan terakhir. Rinciannya adalah lima kemenangan dan satu kali imbang.

Sebaliknya, performa United justru anjlok setelah menaklukkan PSG. Sejak itu, Red Devils hanya mampu memenangkan satu dari empat pertandingan. Tiga pertandingan sisanya selalu berakhir dengan kekalahan.

Kondisi skuat Barcelona juga layak diwaspadai United pada laga nanti. Mengingat, sejumlah bintang andalan mereka seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique, dan Jordi Alba dipastikan fit.

Kebetulan keenam pemain tersebut tampil impresif saat menghadapi Atletico Madrid pada pekan lalu. Khususnya, Suarez dan Messi.

Kedua pemain tersebut sukses menyumbang satu gol sekaligus membawa Barcelona meraih kemenangan atas Atletico dengan skor 2-0 pada laga itu.

Ditambah lagi, United juga punya rekor pertemuan buruk dengan Barcelona. Dari 15 pertemuan, Red Devils hanya meraih tiga kemenangan. Sisanya, United menelan lima kekalahan dan imbang sebanyak empat kali.

Namun, Barcelona tidak boleh jemawa terlebih dulu melihat catatan-catatan impresif itu. Ada satu fakta yang harus diwaspadai kubu Barcelona sebelum menghadapi United nanti, yakni sejarah buruk mereka saat bertamu ke Stadion Old Trafford.

Sepanjang sejarah, Barcelona tidak pernah menuai kemenangan di markas United itu. Dari empat kali mengunjungi Old Trafford, El Barca menelan dua kekalahan dan dua kali imbang.

Bahkan, kekalahan terakhir Barcelona di Old Trafford terjadi di leg kedua semifinal Liga Champions musim 2007–2008. Saat itu, United sukses menaklukkan Barcelona dengan skor 1-0. Satu-satunya gol itu dicetak oleh Paul Scholes.

Hasil itu pula membuat Barcelona harus tersingkir dari Liga Champions dengan kekalahan agregat 0-1. Sementara itu, United lolos ke final dan berhasil menjadi juara Liga Champions musim itu.

Selain itu, United juga dalam persiapan yang baik dalam skuatnya. Beberapa pemain andalan seperti Paul Pogba, Romelu Lukaku, Jesse Lingard, Victor Lindelof, Chris Smalling, Luke Shaw, dan David De Gea dipastikan fit dan siap tampil pada laga nanti.

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Manchester United: David De Gea, Luke Shaw, Victor Lindelof, Chris Smalling, Ashley Young, Paul Pogba, Scott McTominay, Marcus Rashford, Jesse Lingard, Diogo Dalot, Romelu Lukaku.

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal, Lionel Messi, Luis Suarez, Philipe Coutinho.

Hasil Pertemuan Terakhir Kedua Tim:
27/7/2017: Barcelona 1-0 Manchester United
26/7/2015: Barcelona 1-3 Manchester United
9/8/2012: Manchester United 0-0 Barcelona
31/7/2011: Barcelona 1-2 Manchester United
29/5/2011: Barcelona 3-1 Manchester United
28/5/2009: Barcelona 2-0 Manchester United

Exit mobile version