Site icon Beritaenam.com

Manfaat Berkumur dengan Air Garam Setiap Hari

Ilustrasi.

beritaenam.com – Saat menderita sakit tenggorokan atau gusi berdarah, Anda sering disarankan berkumur dengan air garam. Ini adalah perawatan rumah yang mudah, murah, namun tradisional.

Meski terkesan kuno, berkumur dengan air garam terbilang cukup aman dengan sedikit efek samping. Bahkan ada penelitian tertentu yang menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu Anda menangani masalah kesehatan ringan.

Berikut lima manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin berkumur dengan air garam setiap hari.

1. Mempertahankan tingkat pH

Air garam membantu menetralkan jumlah asam di tenggorokan yang diproduksi oleh bakteri. Selain itu, larutan garam membantu menjaga keseimbangan pH dalam jumlah yang sehat, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di mulut.

2. Membersihkan hidung tersumbat

Berkumur dengan air garam juga membantu menghilangkan penumpukan lendir di saluran pernapasan dan rongga hidung Anda. Selain itu, ramuan ini mengurangi peradangan di tenggorokan.

3. Infeksi saluran pernapasan

Sesuai penelitian yang dilakukan di Jepang, berkumur dengan air garam hangat tiga kali sehari dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas hingga 40 persen.

4. Mengobati amandel

Amandel adalah peradangan dua jaringan benjolan (tonsil) yang terletak di belakang tenggorokan. Peradangan tonsil ini terjadi karena tubuh diserang bakteri dan infeksi virus.

Radang amandel menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan dan minuman. Selain operasi, Anda juga bisa meredakan radang amandel hanya dengan berkumur menggunakan larutan air garam.

5. Hilangkan bau mulut

Aroma mulut yang kurang sedap juga bisa dihilangkan dengan air garam. Berkumur dengan air garam menjadi efektif lantaran larutan ini efektif untuk memberantas bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut.

6. Gusi berdarah dan sakit gigi

Selain menghilangkan bau mulut, berkumur dengan menggunakan larutan air garam juga bisa meredakan pendarahan dan gusi bengkak yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, Anda juga bisa meredakan sakit gigi yang tak tertahankan dengan larutan air garam.

Exit mobile version