Site icon Beritaenam.com

Manfaat Menyehatkan dari Menambah Cuka ke Makanan

Ilustrasi cuka putih.

beritaenam.com – Cuka merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk memberi rasa asam bagi makanan. Selain sebagai pengubah rasa, cuka memiliki sejumlah manfaat lain yang beranekaragam.

Bagi kesehatan tubuh, cuka sendiri dapat kita manfaatkan. Dilansir dari Magforwomen, selain untuk menurunkan berat badan, berikut sejumlah manfaat menyehatkan dari cuka.

Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Hal ini mampu meningkatkan penyerapan mineral dari dalam tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang menderita diabetes tipe 2, cuka mampu mengontrol kadar gula darah sehingga tetap normal. Efek ini juga baik untuk menghindarkan kamu dari komplikasi diabetes seperti impotensi dan mati rasa yang menyebabkan amputasi.

Menghilangkan Racun

Mencuci buah dan sayur dengan cuka akan menghilangkan sebagian besar pestisida dan bahan kimia lainnya yang terdapat di dalam buah dan sayur yang akan kamu konsumsi. Hal ini dapat membuat sayur dan buah yang kamu konsumsi menjadi lebih sehat.

Mengurangi Berat Badan

Menambahkan cuka ke dalam makanan dapat membantu kamu untuk mengurangi berat badan. Secangkir cuka sendiri hanya memiliki kandungan 25 kalori saja.

Menghilangkan Perih di Kulit

Terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari akan membuat kulit kamu jadi perih. Hal tersebut dapat hilang dengan mengoleskan cuka di atas kulit yang perih.

Menurunkan Kolesterol

Cuka terutama cuka sari apel mengandung banyak serat yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kamu. Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat membantu tubuh terhindar dari sejumlah penyakit.

Sejumlah hal tersebut dapat membuat kamu tak ragu lagi untuk menambahkan cuka sebagai pengubah rasa makanan. Manfaat kesehatan bisa kamu dapatkan setelah melakukannya.

Exit mobile version