Site icon Beritaenam.com

Ma’ruf Amin: Jokowi Pantas Masuk Nominasi 50 Tokoh Muslim 2019

KH Ma'ruf Amin.

Beritaenam.com, Jakarta – Nama Presiden Joko Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam 50 tokoh muslim 2019 berpengaruh di dunia. Wakil calon presiden nomor urut 02, Ma’ruf Amin, menilai Jokowi memang pantas pantas masuk nominasi tersebut.

Sebab, katanya, Jokowi memiliki peran penting untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Serta, mendamaikan konflik di Afghanistan hingga membuat kerukunan umat Islam di berbagai belahan dunia.

“Saya kira pantas sekali. Peran-peran utamanya misalnya memperjuangkan kemerdekaan Palestina, kemudian upaya mendamaikan konflik di Afghanistan, kemudian perannya di sidang OKI, dan membuat kerukunan-kerukunan di berbagai belahan dunia di antara umat Islam,” kata Ma’ruf usai menghadiri konser nasyid di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/10).

Di Indonesia sendiri, lanjut Maruf, umat muslim sangat merasakan pengaruh Jokowi tersebut. “Apalagi di Indonesia sangat kita rasakan. Saya kira pantas,” lanjut Ma’ruf.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua MUI Jateng Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau dikenal Habib Luthfi masuk dalam 50 tokoh muslim 2019 berpengaruh di dunia.

Ketiganya berurutan masuk dalam 50 tokoh muslim berpengaruh versi Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania.

Hasil Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Jordania mencatat Jokowi berada di posisi ke-16 dari daftar 500 muslim dunia paling berpengaruh Tahun 2019. Sementara Said Aqil Siradj berada di nomor 20 dan Habib Luthfi di nomor 37.

“Publikasi ini ditetapkan untuk mempertegas keberpengaruhan sejumlah muslim di masyarakat atau yang mewakili masyarakat itu. Keberpengaruhan itu adalah siapapun yang memiliki kekuasaan baik secara budaya, ideologi, keuangan, politik, dan hal lain untuk membuat perubahan yang dapat memberikan dampak signifikan bagi dunia muslim,” demikian pembukaan pada buku berjudul ‘The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2019’ dikuti dari laman www.themuslim500.com, Jumat (19/10).

Exit mobile version