Site icon Beritaenam.com

Mayjen Polisi (p) Putera Astaman Ulang Tahun ke 82 Tahun

Selamat Ulang Tahun, “Bapak Putera Astaman. Semoga bapak tetap sukses dan tetap sehat bersama.”

Beritaenam.com – Tepat di hari ini, Major Jendral Polisi (P) Drs Putera Astaman berulang tahun ke 82 tahun.

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat BERSAMA (yang aktif dalam pencegahan penyalahgunaan Narkotika) masih tampak segar dan enerjik.

Sejarah mencatat, hingga 10 Juni 2020, Putera Astaman ini membuktikan sebagai sosok yang “berjuang tiada henti dan bersyukur tiada henti”.

Putera Astaman adalah mantan dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dari tahun 1993 sampai 1999 itu adalah Presiden IFNGO. Ini merupakan organisasi internasional di bidang penanggulangan narkoba, yang anggotanya terdiri dari 34 negara pada 1996 sampai 1998.

Jendral polisi bintang dua yang pernah menjadi ketua umum PEPABRI. “Bapak Putera Astaman sosok yang berintegritas dan polisi berprestasi,” ujar Asri Hadi, Pemred Indonews menyebut mantan  Kapolda Sulawesi Selatan dan Sumatra Selatan itu. Jabatan terakhir beliau, adalah As Ops KAPOLRI yang nomer dua di kepolisian pada zaman itu.

Asri Hadi yang merupakan pendiri majalah HealthNews (UNODC), demikian salut dengan semangat dari Putera Astaman. Bahwa, di usianya hingga kini masih terjun di aktivitas sosial, antara lain, mengatasi masalah narkoba.

“Pada 1994 beliau menjadi ketua umum organisasi Badan Usaha Kerjasama Warga Tama (BERSAMA) dan kembali menjabat Ketum BERSAMA kembali periode sekarang,” ujar Asri Hadi.

Sebagai sesama aktivis anti narkoba, Asri Hadi punya banyak cerita bagaimana sepak terjang Putera Astaman di jaman Bakolak Inpres. Bahkan, Asri Hadi masih mengenang ketika Putera Astaman aktif di kepolisian.

Ada tagline yang hingga sekarang kita ingat, “Sesama bis kota dilarang saling mendahului. Itu ide beliau dan kemudian sukses dalam penerapan dan sosialisasi,” ujar Asri Hadi (Sekjen Bersama).

Bersama S.S Budi Rahardjo, yang juga aktivis anti narkoba dari RIDMA Foundation, panggilannya Jojo.  Asri Hadi dan Jojo mengucapkan Selamat Ulang Tahun, “Bapak Putera Astaman. Semoga bapak tetap sukses dan tetap sehat bersama.”

 

Asri Hadi, Putera Astaman & S.S Budi Rahardjo (Para aktivis cegah anti narkoba sejak jaman Bakolak Inpres hingga kini)

Exit mobile version