Site icon Beritaenam.com

Memelihara Anjing Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah beberapa bukti manfaat memelihara anjing sebagai sahabat dapat mengubah kehidupan Anda.

Menurunkan Tingkat Stres

Saat Anda mengelus anjing kesayangan, apa yang Anda rasakan?

Bagi para pecinta anjing, membelai bulu-bulu halus anjing kesayangannya dapat mengurangi rasa cemas.

Di sisi lain si anjing juga pasti akan menikmati belaian Anda.

Anjing yang senang, menari-nari menyambut Anda dengan kibasan ekornya, Anda menghampiri dan mengelus-elus tubuhnya. Stres Anda pun serta merta hilang.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Hewan memiliki kemampuan untuk menciptakan hubungan yang melampaui perbedaan ras, budaya, fisik dan sosial ekonomi.

Hanya dengan melihat orang-orang berjalan-jalan dengan anjing juga dapat membuat lingkungan terasa lebih aman, terutama bagi peremuan.

Bagi si anjing, berjalan-jalan juga bermanfaat meningkatkan stimulasi dan sosialisasi mereka dengan anjing lain, terutama jika ia satu-satunya anjing di rumah.

Membuat Masa Kanak-kanak Lebih Menarik

Merawat hewan peliharaan membantu anak-anak mengembangkan empati dan memiliki anjing di rumah juga mengurangi risiko anak terkena infeksi saluran pernapasan dan telinga, gastroenteritis, dan beberapa alergi.

Hewan peliharaan membantu mengatasi rasa sepi, cemas, dan depresi mereka.

Penyemangat saat Berolahraga

Lebih banyak olahraga menyebabkan lebih sedikit masalah kesehatan. Dan bagi Anda yang malas berolahraga, coba memelihara anjing, deh.

Sebuah penelitian di Inggris tahun 1991 menunjukkan bahwa ada tingkatan aktivitas olahraga bagi pemilik hewan peliharaan baru dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Anda yang memiliki anjing peliharaan, Anda harus memerhatikan kebutuhan olahraganya, tapi jangan juga melatihnya secara berlebihan saat ia masih tumbuh atau di usia tua.

Bagi anjing, berjalan-jalan setiap hari itu sangat penting, meskipun durasi jalannya bervariasi sesuai dengan ras, usia, dan ukurannya.

 Mendukung Perawatan Demensia

Terapi berbasis hewan menjadi populer di panti jompo karena membelai hewan peliharaan telah terbukti mengurangi perilaku gelisah dan meningkatkan interaksi sosial pada pasien dengan demensia. S

entuhan adalah salah satu indra terakhir yang terpengaruh oleh gejala penyakit Alzheimer. Jadi membelai hewan peliharaan bisa sangat menyenangkan.

Badan amal Alzheimer’s Society mendorong penderita demensia untuk memelihara hewan peliharaan. Merawat hewan peliharaan ternyata dapat memberikan rutinitas yang baik bagi di penderita serta membantu mengurangi isolasi.

Mempercepat Pemulihan Penyakit

Kepemilikan hewan peliharaan adalah alasan yang berharga untuk sembuh kembali setelah sakit atau operasi.

Interaksi singkat antara anjing dengan pemiliknya juga telah terbukti meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Anjing atau kucing memiliki detak jantung yang normal dan tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Kedua kelompok tersebut kemudian diminta untuk melakukan tugas yang berdampak stres tinggi. Setelah selesai melakukan tugas, detak jantung dan tekanan darah pemilik hewan peliharaan kembali normal lebih cepat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 94 persen pasien jantung dengan anjing selamat dari serangan jantung, dibandingkan dengan 72 persen tanpa anjing.

Manfaat memelihara anjing juga memberi dampak pada kadar kolesterol. Pada orang dewasa berusia 60 tahun atau lebih yang memelihara anjing ternyata trigliseridanya jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Exit mobile version