Site icon Beritaenam.com

Menangkap Joko Tjandra Itu Bukan Hal Mudah…

BUKAN KALENG KALENG..

Beritaenam.com —  Saya dengar, dia seperti “Robin Hood” buat para mafia hukum di Indonesia. JT royal bagi-bagi duit ke para pejabat dan aparat sejak pemerintahan SBY, sehingga dia bisa lolos dan kabur ke luar negeri.

Kasus tertangkapnya pejabat kepolisian baru-baru ini karena membantu JT, bisa jadi acuan betapa licinnya dia sehingga tidak mudah ditangkap.

Bahkan di Malaysia, JT dilindungi oleh pemerintahan lama di sana. Ada informasi, JT ingin investasi membangun gedung tinggi di Malaysia, sehingga dia dianggap aset yang harus dilindungi meski di Indonesia dia koruptor.

Jadi paham kan, orang ini bukan kaleng-kaleng..

Karena itu, gerakan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo dengan melacak aliran uang JT dan kepiawaiannya bekerjasama dengan kepolisian Malaysia, harus diacungi jempol.

Kebayang bagaimana Kabareskrim harus menghadapi para pejabat dan aparat baik di Indonesia dan Malaysia, yang sudah “disiram” oleh JT.

Kalau Kabareskrimnya mata duitan, JT bisa lolos lagi ke luar negeri. Apresiasi untuk pak Listyo Sigit yang bisa teguh mengemban amanah Presiden untuk menangkap JT pulang ke Indonesia.

Tertangkapnya JT memulihkan nama baik Kepolisian RI yang sempat tercoreng akibat kasus suap yang melibatkan pejabat tinggi di institusi baju cokelat itu.

Selain Kabareskrim, saya juga ingin mengangkat secangkir kopi untuk Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Nico Afinta yang dengan berani menangkap dua guru honorer yang mengupload seruan2 khilafah di medsos mereka.

Apa yang dilakukan Kapolda Kalsel ini juga tidak mudah, karena dia mendapat tentangan dari banyak pengacara bahkan LBH dengan menangkap guru honorer itu.

Saya harus jujur, banyak kasus berkembangnya intoleransi dan gerakan khilafah ini di daerah-daerah, karena kepolisian terkesan sungkan dan “tidak mau ribut” dengan ormas-ormas yang kerjaannya menekan pake massa.

Mereka mungkin “takut dicopot” seandainya salah penanganan sehingga bisa membuat rusuh daerahnya. Apalagi kalau berurusan dgn propaganda khilafah.

Karena itu, keberanian Kapolda Kalsel dengan menangkap “sales-sales khilafah” ini bisa dijadikan inspirasi kepolisian untuk mulai dengan tegas menangkap mereka sebelum menjadi besar.

Dan semoga, pentolan-pentolan sales khilafah nasional yang dulu tergabung di HTI bisa juga segera ditangkap supaya tidak meresahkan.

Saya tidak bisa berharap kepolisian kita bisa menjadi institusi sempurna dalam penegakan hukum. Tapi setidaknya, langkah Kabareskrim dan Kapolda Kalsel bisa menjadi momentum kebangkitan kembali aparat kita supaya bisa lebih profesional dalam menunaikan tugasnya.

Dan saya akan tetap setia menjaga marwah institusi kepolisian kita, karena jika bukan kita yang menjaga mereka, lalu kepada siapa lagi kita bersandar ??

Saya harus angkat secangkir kopi malam ini untuk mereka, untuk Kapolri dan untuk seluruh jajaran kepolisian yang ingin institusi mereka bersih dan berwibawa..

Seruput..

Denny Siregar

Exit mobile version