Site icon Beritaenam.com

Menkes Percaya, Kesadaran Masyarakat Merupakan Tanda Transisi Pandemi ke Endemi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yakin transisi pandemi ke endemi terlihat dari kesadaran masyarakat (foto.ist)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, salah satu ciri-ciri transisi pandemi ke endemi adalah telah munculnya kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi penyakit yang menjadi pandemi.

“Kalau kesadaran dan kesiapan masyarakat sudah tinggi sehingga mereka bisa bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri, itu adalah ciri-ciri perubahan transisi dari pandemi menjadi endemi,” uja Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Rabu (23/3/2022).

Menurut Budi, setiap pandemi pasti akan berubah menjadi endemi, tetapi hal itu harus dipengaruhi oleh adaptasi masyarakat dalam menghadapi penyakit yang ada.

Ia mencontohkan, pandemi black death pada abad ke-14 disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang tidak higienis hingga akhirnya menciptakan kebiasaan baru seperti mencuci tangan. “Begitu manusia sadar prokes, misalnya, ketika merasa batuk atau mengalami gejala Covid-19 lainnya, orang tersebut berinisiatif melakukan tes dan apabila positif langsung mengisolasi mandiri dan meminum obat antivirus hingga sembuh. nah itu artinya sudah siap transisinya pandemi ke endemi,” ujar Budi. “Itu adalah ciri-ciri masyarakat kita sudah siap dan memiliki tanggung jawab pribadi untuk menjaga kesehatannya, itu adalah ciri-ciri di mana pandemi bisa transisi jadi endemi,” tambah Budi.

Budi pun mengatakan, dari sisi kesehatan ada indikator yang harus dipenuhi agar pandemi Covid-19 bertransisi menjadi endemi. Indikator itu adalah jumlah kasus baru paling banyak 20 kasus per 100.000 penduduk, jumlah pasien dirawat di rumah sakit sebanyak lima pasien per 100.000 penduduk, dan jumlah kematian 1 kematian per 100.000 penduduk selama enam bulan berturut-turut.

“Kalau kita memenuhi tiga kriteria ini sekaligus antara tiga sampai enam bulan berturut-turut, dari sisi kesehatan itu adalah indikator bahwa kita sudah bisa masuk endemi,” pungkas Budi.

Exit mobile version