Site icon Beritaenam.com

Menlu Retno Minta Pemerintah Saudi Menghukum Pelaku Pembunuh Khasoggi

Retno Marsudi.

Beritaenam.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi angkat bicara terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di Kedubes Arab Saudi yang ada di Turki. Dia meminta agar kasus pembunuhan Khasoggi bisa diusut tuntas.

Retno mendesak agar pemerintah Arab Saudi melakukan investigasi guna membongkar kasus tersebut. Dia meminta agar pelaku pembunuhan bisa mendapatkan hukuman yang setimpal.

“Kita masih mengikuti terus bagaimana investigasi ini (pembunuhan Khashoggi) akan dilakukan, dan permintaan kita tentunya adalah orang-orang yang bersalah dapat mendapatkan, dapat hukum secara setimpal. Kita juga meminta agar investigasi (pembunuhan Khashoggi) dilakukan secara seksama, dan juga secara transparan,” katanya di Balai Senat UGM, Jumat (26/10).

Dia menerangkan, saat ini berbagai media internasional pun juga memberikan perhatian khusus terhadap kasus Khasoggi.

Retno menceritakan saat bertemu dengan Menlu Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, pembunuhan Khasoggi membayangi pertemuan itu. Dia juga menyebut jika pertemuan dengan Menlu Arab Saudi itu tidak dalam kondisi baik karena kasus tersebut.

“Ini pertemuan (Menlu RI dan Menlu Arab Saudi) sudah dirancang setahun sebelumnya, dan dilakukan pada Minggu ini di Jakarta dalam situasi yang tidak baik. Dibayangi oleh peristiwa terbunuhnya Jamal Khashoggi,” ungkapnya, seperti dikutip dari merdeka.com

Alumnus UGM ini menambahkan, saat pertemuan itu, pihaknya yang mewakili pemerintah Indonesia menyampaikan posisi Indonesia dalam kasus Khasoggi. Menurut Retno, Indonesia mengkhawatirkan situasi paska pembunuhan Khasoggi.

“Pada saat melakukan pertemuan, Indonesia menyampaikan posisi Indonesia bahwa kita sangat mengkhawatirkan situasi ini,” tutup Retno.

Exit mobile version