Site icon Beritaenam.com

Menlu Turki: Semua yang Terlibat Pembunuhan Khashoggi Harus Diadili di Turki

Beritaenam.com – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan, bahwa semua orang yang terlibat dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi harus diadili di pengadilan Turki.

“Semua orang yang terlibat dalam pembunuhan itu perlu diselidiki dan diadili di Turki,” tegas Cavusoglu seperti dilansir Anadolu, Kamis (25/10/2018).

Cavusoglu menuturkan, Turki telah dan akan terus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengungkap kasus pembunuhan kolumnis Washington Post tersebut. Khashoggi dikabarkan telah hilang sejak memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Setelah beberapa hari menyangkal mengetahui keberadaannya, Arab Saudi pekan lalu mengklaim Khashoggi meninggal dalam perkelahian di dalam konsulat.

Sebelumnya pada Selasa lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut pembunuhan itu telah direncanakan.

Cavusoglu menambahkan, bahwa media dan organisasi internasional telah memantau kasus tersebut. Maka dari itu, proses penyelidikan kasus tersebut harus terbuka.

“proses ini harus dikelola dengan cara yang sangat eksplisit dan transparan,” ujar dia.

Dia menegaskan, Turki membagikan informasi dan bukti mengenai kasus ini kepada pihak yang ingin mendapatkan informasi rinci, sebagai bagian dari hukum internasional.

“Untuk saat ini, kami (Turki) tidak punya niat untuk membawa masalah ini ke pengadilan internasional,” tambah Cavusoglu.

Exit mobile version