Site icon Beritaenam.com

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Penampilan Jenama Lokal AMANAH di MUFFEST+ 2024,

Beritaenam.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi tinggi terhadap karya jenama lokal AMANAH (Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat) yang tampil memukau dalam ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2024 di Istora Senayan, Jakarta.

“Ini adalah bukti nyata bahwa Aceh memiliki potensi besar dalam bidang ekonomi kreatif dan fesyen. Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama para anak muda Aceh,” ujar Sandiaga dalam sambutannya pada acara MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF, Sabtu (10/8/2024).

Koleksi yang dibawakan oleh jenama AMANAH mengusung tema “The Great Stories of Aceh,” di mana unsur-unsur budaya Aceh yang kaya disajikan dengan sentuhan tren fesyen modern. Sandiaga Uno secara khusus mengungkapkan kekagumannya terhadap beberapa koleksi, termasuk “Malahayati” karya desainer Khairatul, “Bumo Aceh” oleh Amira Vanisa, dan “Ruja Meukeutop” dari Mukhlisin, yang dinilai sangat inovatif dan out of the box.

Dengan menampilkan elemen-elemen tradisional dalam desain yang modern, AMANAH tidak hanya melestarikan warisan budaya Indonesia tetapi juga memperkenalkannya kepada dunia. Menparekraf Sandiaga menekankan bahwa ini adalah modal awal bagi Aceh untuk menjadi pusat fesyen Muslim di tingkat nasional bahkan global.

“Fashion Islami kini menjadi kebutuhan yang semakin banyak permintaannya di Indonesia. Aceh memiliki peluang besar untuk menjadi episentrum, bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga sebagai pusat produksi,” tambah Sandiaga.

Aceh sendiri akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 8-20 September 2024. Sandiaga berpesan kepada pelaku ekonomi kreatif untuk memanfaatkan momen ini dengan baik, terutama dalam memenuhi kebutuhan suvenir selama perhelatan PON.

“Kebetulan Aceh akan menjadi tuan rumah PON. Kita harapkan agar tidak terjadi kekurangan suvenir seperti di PON sebelumnya, terutama dalam hal fesyen. Mari kita berkolaborasi bersama AMANAH untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujar Sandiaga.

MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF merupakan ajang modest fashion terbesar di Indonesia yang digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Gemalindo Kreasi Indonesia. Acara ini berlangsung selama empat hari, mulai 8 hingga 11 Agustus 2024, di Istora Senayan, Jakarta. Selain menampilkan pameran dagang, MUFFEST+ 2024 juga menghadirkan talkshow inspiratif dan pagelaran busana dari lebih dari 175 brand yang mempromosikan keunggulan produk modest fashion serta gaya hidup halal Indonesia.

Melalui partisipasi AMANAH di MUFFEST+ 2024, diharapkan jenama lokal Aceh dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif.

Exit mobile version