Site icon Beritaenam.com

Milenial Sebut Jokowi-Ma’ruf Lebih Rasional

beritaenam.com, Jakarta – Lembaga Survei Index Politica merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan wakilnya dari kategori pemilih millenial. Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Hasil survei pasangan Jokowi-Maruf unggul 49,79 persen. Sementara pasangan Prabowo-Sandi 40,24 persen dengan 11,95 persen belum menentukan pilihan,” kata Direktur Ekskutif Index Politica Denny Charter di Jakarta, Senin, 8 April 2019.

Denny mengatakan alasan yang diutarakan kalangan milenial dari survei menilai figur Joko Widodo merakyat ditambah dengan program-program yang ditawarkan pasangan 01 lebih realistis dan rasional. Ditambah, keberhasilan program Jokowi di periode pertama pemerintahan.

Faktor berikutnya, kata Denny, sosok Jokowi kerap menggelorakan optimisme semangat membawa perubahan. Yang paling utama, figur Jokowi bersih dan bebas dari korupsi.

“Sementara mereka yang memilih Prabowo hanya melihat sosoknya yang tegas, intelektual dan hasil pilihan ijtimak ulama,” terang Denny.

Berdasarkan latar belakang capres, tercatat 42,67 persen milenial memilih berdasarkan faktor rasional.

Dilihat dari kinerja, rekam jejak, kompetensi dan visinya. Sementara hanya 30,24 persen mereka memilih berdasarkan faktor sosiologis. Yaitu latar belakang agama, etnis dan asal daerah.

“Sisanya berdasarkan faktor psikologis kandidat. Seperti usia, gender, dan karakter personalnya,” ujar Denny.

Exit mobile version