Site icon Beritaenam.com

Minum Air Agar Sehat Kulit

Air merupakan salah satu komponen yang dapat menjaga kulit terus terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari luar maupun dalam tubuh.

Menurut dr. Arini Astasari Widodo SpKK, selain mendukung penampilan, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari material eksternal, juga membantu mengatur kandungan air dan temperatur tubuh.

“Sebesar 60 persen dari tubuh kita terdiri dari air, sementara komponen kulit mengandung 72 persen air, sehingga jika kita mengalami dehidrasi kesehatan kulit juga akan terpengaruh,” ujar dr. Arini.

“Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan kulit terasa lebih kasar, kusam, lebih rentan berjerawat, bahkan mempercepat penuaan,” imbuhnya.

Menurut dr. Arini, pada umumnya, seseorang perlu mengonsumsi air setidaknya dua liter per hari.

Cukup minum dapat membantu menjaga hidrasi sehingga meningkatkan elastisitas, menghaluskan kulit, dan menghindari kerutan dini.

Terutama di saat seseorang menghabiskan banyak waktu berdiam di rumah atau ruangan ber-AC yang membuat risiko kulit menjadi lebih kering.

Saat rasa haus mendera kemudian menenggak segelas air, rasanya nyaman sekali. Tapi, manfaat air dalam tubuh tidak sesederhana hal itu.
Air merupakan komponen utama dalam sel tubuh, yaki sebanyak 60-70 persen. Beberapa organ tubuh pun mengandung air, seperti paru sebesar 90 persen, 82 persen pada darah, 80 persen padan kulit, 70 persen padan otak.
Sehingga penting sekali bagi tubuh untuk memenuhi asupan cairan dari air.
Semakin aktivitasnya berat ditambah udara panas, asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh semakin banyak.
Pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh mencegah timbulnya berbagai gangguan kesehatan serta membuat tubuh lebih bugar.
Fungsi air dalam tubuh diantaranya adalah
1. Menjaga suhu tubuh
2. Memperlancar pencernaan
3. Media transportasi zat gizi dan oksigen lewat peredaran darah
4. Membantu sistem metabolisme tubuh
5. Memelihara kulit.
6. Pelumas sendi.
Exit mobile version