Site icon Beritaenam.com

MRT Jakarta Beroperasi Hingga Pukul 21.00 WIB

PT MRT Jakarta kembali melakukan penyesuaian jam operasional sehubungan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melonggarkan PSBB.

Gubernur Anies Baswedan menginstruksikan agar mulai tanggal 12 Oktober 2020, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) transisi dimulai.

Dengan kebijakan tersebut, maka saat ini, operasional MRT Jakarta di hari kerja atau Senin – Jumat akan dimulai pada pukul 05.00 dan berakhir pada 21.00 WIB.

Sementara itu, untuk akhir pekan atau Sabtu dan Minggu, layanan dibuka pada pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Selanjutnya, selang waktu keberangkatan di hari kerja pada jam sibuk adalah 5 menit sekali. Sedangkan di luar jam sibuk, kereta datang setiap 10 menit sekali. Begitu pula untuk akhir pekan.

MRT Jakarta masih menerapkan pembatasan jumlah pengguna jasa. Setiap kereta, jumlah maksimal pelanggan adalah 62-67 orang saja.

Pemberlakukan peraturan tersebut telah sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 105 Tahun 2020.

Sebelumnya, selama September 2020, tercatat 6.090 perjalanan berhasil dilaksanakan tanpa adanya penundaan dan pembatalan. Seluruh perjalanan tersebut menunjukkan ketepatan waktu 100 persen.

Rata-rata penumpang per hari tercatat 12.992 orang. Adapun rinciannya adalah rata-rata pada hari kerja (Senin—Jumat) mencapai 15.378 orang dan pada akhir pekan mencapai 6.429 orang.

PT MRT Jakarta masih mencatat bahwa perjalanan dari Stasiun Lebak Bulus Grab hingga Stasiun Bundaran HI masih menjadi perjalanan favorit masyarakat disusul oleh perjalanan dari Stasiun Istora Mandiri menuju Stasiun Dukuh Atas BN.

Bagi Anda yang ingin menggunakan MRT Jakarta sebagai sarana transportasi utama untuk beraktivitas.

1. Aplikasi Trafi

Biasanya Aplikasi Trafi digunakan untuk memantau bus TransJakarta dan KRL. Kini aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat rute, jadwal, dan waktu kedatangan kereta MRT. 

  1. Klik menu Trains, kemudian gulir kebagian bawah hingga menemukan opsi MRT.
  2. Setelah di klik, aplikasi akan menunjukan stasiun terdekat dari posisi kamu. Klik di stasiun tersebut, maka akan muncul waktu tiba kereta.

  1. Klik opsi Get Me Somewhere, lalu masukan stasiun pemberangkatan dan pemberhentian yang akan dituju.
  2. Setelah memilih opsi MRT, maka akan muncul informasi rute dan waktukedatangan kereta. Klik pada stasiun pemberangkatan untyuk melihat waktu kedatangan selengkapnya.

2. Google Maps

Sekarang Maps telah menambahkan informasi terkait rute, jadwal, dan waktu tiba kereta di layanan peta digitalnya. Fitur ini dapat diakses melalui mode Transit. 

  1. Buka aplikasi Google Maps di Android atau iPhone, bida juga diakses melalui desktop.
  2. Masukan stasiun pemberangkatan
  3. Tekan ikon kereta berwarna biru
  4. Masukan stasiun tujuan
  5. Pilih opsi MRT
  6. Setelah di klik, akan terlihat waktu terdekat kedatangan kereta serta rutenya

 7. Jika ingin melihat waktu kedatangan kereta secara lengkap, tekan ikon panah pada stasiun pemberangkatan

Baca Juga: Tarif MRT Jakarta Lebak Bulus-HI Rp 8.500, Mahal atau Murah?

3. Aplikasi Moovit

Sama seperti Aplikasi Trafi, Aplikasi ini sering digunakan untuk memantau jadwal bus TransJakarta, sekarang aplikasi ini bisa juga digunakan untuk melihat rute kereta. Caranya sama seperti memasukan stasiun tujuan, pilih opsi MRT. Maka kita bisa melihat waktu kedatangan kereta terdekat. 

 

Exit mobile version