Site icon Beritaenam.com

Novendra Priasmoro menjadi GM kedelapan Indonesia!

Beritaenam.com — Kabar baik bagi Indonesia datang dari cabang catur. Atlet nasional, Novendra Priasmoro, berhasil merebut gelar Grand Master. Ia menjadi GM kedelapan yang dimiliki Indonesia.

Sebelumnya Indonesia sudah melahirkan tujuh GM pria mulai dari Herman Suriadiredja, Haji Ardiansyah, Utut Adianto, Edhi Handoko, Ruben Gunawan, Cerdas Barus dan Susanto Megaranto.

Dari tujuh GM itu, empat sudah almarhum yakni Herman Suriadiredja, Ardiansyah, Edhi Handoko, Ruben Gunawan.

Stop press. Gelar itu didapatkan pecatur berusia 21 tahun itu pada pada babak 7 turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Ceko, Kamis malam, 27 Februari 2020.

Setelah menunggu cukup lama, sekitar 16 tahun (terakhir Susanto Megaranto jadi GM tahun 2004) akhirnya Indonesia melahirkan seorang GM lagi.

Itu terjadi pada babak tujuh turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Ceko, Kamis (27/2) malam setelah Novendra mencetak kemenangan beruntun untuk ketujuh kalinya dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon (2335) dari Polandia.

Novendra menang pada langkah 25 pembukaan Serangan Trompowsky.

Kemenangan tersebut selain memperkokoh dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin, juga memastikan kebutuhan tambahan rating sebanyak 11 poin untuk memenuhi persyaratan rating GM sebesar 2500 terlampaui.

Ia dapat tambahan 2,9 poin lagi, sehingga tabungan rating Novendra sudah mencapai 11,4 poin.

Rating Novendra saat ini 2493.

Di Praha Open turun 4 poin dan di Liberec Open hingga babak 7 sudah mengumpulkan 11,4 poin.

Pertandingan masih dua babak lagi, Novendra menargetkan merebut 1,5 poin lagi utk memastikannya keluar sebagai juara. Babak delapan, dia jumpa IM Akash G (2449 India) yg minggu lalu menjadi Juara Praha Open.

Exit mobile version