Site icon Beritaenam.com

Orang Eropa yang Tinggal di Inggris Bisa Segera Jatuh karena ‘Lingkungan yang Tidak Bersahabat’

[ad_1]

Ratusan ribu warga UE dapat menghadapi menjadi tidak berdokumen dan jatuh ke dalam kebijakan lingkungan yang tidak bersahabat ketika Inggris meninggalkan UE, dengan banyak yang gagal untuk mengajukan skema pemukiman kembali yang beberapa bahkan tidak tahu ada.
Skema Penyelesaian UE Kantor Dalam Negeri adalah proses yang memungkinkan warga negara UE untuk terus tinggal di negara tersebut pasca-Brexit. Skala ini belum pernah terjadi sebelumnya di Inggris, dengan lebih dari 4 juta orang mendaftar sejak skema tersebut diluncurkan pada Maret tahun lalu.
Baru baru ini melaporkan dari Migration Observatory Universitas Oxford mencatat bahwa “cakupan 100 persen dari populasi warga negara Uni Eropa yang memenuhi syarat dalam periode beberapa tahun tidak mungkin”. Mereka mengutip program pemerintah Inggris lainnya – seperti tunjangan anak atau kredit pajak – di mana antara 5 persen dan 14 persen orang tidak melamar, meskipun itu demi kepentingan mereka.
Bahkan jika hanya 5 persen orang yang gagal untuk melamar pada batas waktu akhir – Juni 2021, atau Desember 2020 jika Brexit tidak ada kesepakatan – jumlah warga negara Uni Eropa yang menjadi tidak berdokumen dan terlibat dalam lingkungan yang tidak bersahabat akan mencapai ratusan dari ribuan.
Mereka yang tunawisma, memiliki tingkat melek huruf atau keterampilan digital yang rendah, atau menderita masalah kesehatan mental, termasuk di antara mereka yang paling mungkin menghadapi kesulitan yang lebih besar.
Coline Schupfer pindah ke Inggris bersama keluarganya dari Jerman ketika dia berusia 15 tahun. Setelah kuliah, dia bekerja di luar negeri selama beberapa tahun. Sekembalinya ke Inggris pada awal 2019, ia melamar skema tersebut, tetapi tidak seperti anggota keluarganya yang lain hanya diberikan status yang telah diselesaikan karena waktunya pergi. Status pra-penyelesaian berlaku selama lima tahun dan kemudian dapat ditingkatkan menjadi status diselesaikan.
“Jadi ketika saya kembali, saya sangat terkejut bahwa saya bahkan tidak lolos [for full settled status], meskipun ini adalah tempat keluarga saya, di sinilah saya belajar, ”kata Schupfer. “Saya merasa dihukum karena bekerja secara internasional.”
Di luar implikasi diberikan tempat tinggal sementara di negara yang Anda dan keluarga Anda sebut rumah, status yang telah diselesaikan sebelumnya juga memberikan lebih sedikit hak. Mulai awal 2021, akan ada pembatasan sekitar berada di luar negeri selama lebih dari total enam bulan dalam periode 12 bulan.
Badan amal telah menyuarakan keprihatinan tentang warga negara UE yang terjebak di luar negeri untuk waktu yang lama karena pandemi, dan meminta agar ketidakhadiran dari Inggris selama krisis virus korona tidak diperhitungkan terhadap mereka.
Pandemi juga menambah penundaan yang dihadapi orang karena penutupan di antara badan-badan pemerintah.
Aplikasi dapat diselesaikan dalam hitungan hari, tetapi banyak yang membutuhkan waktu lebih lama. Angela Cruz harus menunggu lebih dari sebulan untuk mengambil keputusan atas lamarannya. Berasal dari Kanada, dia dan suaminya Irlandia baru-baru ini pindah ke Irlandia Utara.
Meskipun skema ini untuk warga negara UE, namun Cruz dan putrinya termasuk di antara lebih dari 200.000 orang dari tempat lain di dunia yang memenuhi syarat untuk melamar melalui pasangan mereka atau anggota keluarga lainnya. Prosesnya, bagaimanapun, lebih rumit. Pertama, dia harus memberikan “biometrik”, termasuk mengambil sidik jari di salah satu dari hanya sejumlah pusat di Inggris.
Pusat-pusat ini menghadapi kemacetan yang parah dan kurangnya janji ketika mereka dibuka kembali setelah penguncian. Karena Ms Cruz memiliki tawaran pekerjaan yang tidak dapat dia terima sampai dia mendapatkan statusnya yang mapan, dia akhirnya membayar untuk layanan jalur cepat, seharga £ 110.
“Itu yang terburuk. Saya sudah mendapat tawaran pekerjaan ini untuk sementara waktu, dan mereka memberi saya batas waktu akhir September bahwa mereka bisa memegang pekerjaan itu, ”kata Cruz. “Dan jelas kita telah melewati itu sekarang, jadi sepertinya aku akan kehilangannya.”
Beberapa hari setelah berbicara dengan VICE News, Nona Cruz akhirnya mendapatkan keputusan positif dari EU Settlement Scheme, yang artinya dia sekarang bisa memulai pekerjaan barunya.
Banyak pekerja, sementara itu, tidak tahu tentang Skema Penyelesaian. Sebuah survei terhadap sebagian besar migran UE yang “berketerampilan rendah” di distrik Fenland di Cambridgeshire menemukan bahwa lebih dari 40 persen dari para pekerja ini tidak menyadari keberadaan skema tersebut.
“Masih ada sebagian besar populasi yang jelas-jelas tidak mengetahui Skema Penyelesaian Uni Eropa,” kata Mihai Călin Bica, yang bekerja untuk Roma Support Group. “Kami khawatir banyak yang tidak akan membuat aplikasi, dan akan mendapat masalah.” Roma Support Group, yang bekerja untuk memberdayakan komunitas Roma, menemukan bahwa hanya sekitar 3 persen dari klien mereka yang dapat menyelesaikan aplikasi secara mandiri.
Namun, bahkan mereka yang telah melamar dan diberikan status juga menghadapi kesulitan besar, kata Bica. Ini karena, berbeda dengan izin imigrasi lainnya, Status Penyelesaian UE hanya dapat diakses secara online. Tidak ada dokumen fisik atau bukti lain, yang menimbulkan kekhawatiran akan skenario gaya Windrush di mana orang memiliki hak untuk mengakses layanan tetapi tidak dapat membuktikannya.
Sebuah laporan yang dirilis bulan lalu oleh Roma Support Group menyoroti beberapa kasus di mana orang pergi tanpa akses ke layanan publik yang vital, seperti Kredit Universal, selama musim panas karena tidak dapat mengakses status digital mereka.
Kekhawatiran dengan skema khusus digital tersebar luas. SEBUAH survei pada awal tahun menunjukkan bahwa 90 persen warga Uni Eropa tidak senang dengan kurangnya dokumen fisik untuk membuktikan hak mereka atas pekerjaan, perawatan kesehatan dan perumahan. Para pegiat mengutip latihan “belanja misteri” sebelumnya yang menunjukkan hanya tiga dari 150 tuan tanah akan siap melakukan pemeriksaan digital terhadap calon penyewa.
Banyak badan amal telah menerima dana dari pemerintah untuk mendukung warga Uni Eropa yang rentan untuk mendaftar, tetapi ini juga ditutup selama berbulan-bulan, dan bekerja jarak jauh bukanlah pilihan. “Orang-orang agak panik”, kata Polina Malcheva dari Program Antar Budaya Komunitas di Portadown. Ada antrian orang yang menunggu saya untuk kembali bekerja.
Ms Malcheva, yang sebagian besar mendukung warga Bulgaria yang terlibat dalam pekerjaan pabrik, mengatakan sebagian besar kliennya telah melamar. Tetapi sementara skema tersebut tidak akan ditutup hingga Juni mendatang, badan amal hanya memiliki dana hingga Maret, yang berarti mereka yang terlambat mendaftar akan berjuang untuk menavigasi sistem itu sendiri.
Ada tingkat ketidakpastian yang tinggi tentang kehidupan warga negara UE pasca-Brexit secara lebih umum, bahkan bagi mereka yang telah melamar dan menerima status mereka, katanya. “Desas-desus beredar di masyarakat bahwa orang akan benar-benar diusir dari negara jika mereka tidak memiliki status, atau bahkan jika mereka memiliki status yang telah ditetapkan sebelumnya, mereka tidak akan dapat tinggal di sini.”
“Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi,” lanjutnya. “Ini mungkin pertanyaan utama yang saya terima. ‘Apa yang akan terjadi tahun depan?’ ”
Seorang juru bicara Kantor Dalam Negeri mengatakan: “Di seluruh pemerintahan, kami bekerja untuk memastikan bahwa semua anak dan keluarga yang memenuhi syarat didukung dengan aplikasi mereka ke Skema Penyelesaian UE.
“Kantor Pusat telah menghabiskan £ 9 juta untuk mendanai organisasi pihak ketiga di seluruh negeri yang mendukung keluarga dan yang sulit dijangkau dengan aplikasi mereka, dan pada bulan Maret kami mengumumkan tambahan £ 8 juta untuk mendukung pekerjaan itu.
“Sudah ada lebih dari 4 juta aplikasi di bawah skema ini dan masih banyak waktu untuk mendaftar sebelum batas waktu 30 Juni 2021.”
@lukejun



[ad_2]

Exit mobile version